UIN Banten Terus Berbenah

UIN Banten Terus Berbenah

Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di bawah kepemimpinan Prof. Dr. H. Fauzul Iman, M.A terus bebenah, baik dari segi infrastruktur gedung maupun pengembangan fakultas dan program studi.

“Kami sampai saat ini baru memiliki program pascasarjana dengan empat program studi dan program sarjana dengan empat fakultas dan 20 program studi. Nanti akan ada penambahan fakultas dan program studi baru,” kata Rektor UIN Banten Prof. Dr. H. Fauzul Iman, M.A , Rabu (24/5).

Upaya penyediaan infrastruktur, lanjut dia, dengan bantuan dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) telah dibangun gedung utama dan laboratorium bagi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di areal kampus 2 di Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani, Curug, Kota Serang, yang ditempati sejak awal 2016. Pembangan lanjutan di kampus 2 sedang diupayakan diperoleh dari pinjaman atau hibah luar negeri khusunya dari Islamic Development Bank (IDB) melalui Kemenag dan Bappenas.

Prof. Dr. H. Fauzul Iman, M.A mengungkapkan, pengembangan kampus sangat diperlukan mengingat minat masyarakat menimba ilmu di UIN mengalami peningkatan signifikan. Tahun 2013/2014 sebanyak 3.279 orang, 2014/2015 sebanyak 9.481, dan 2016/2017 sebanyak 12.159 orang. Karena daya tampung masih terbatas, hanya mampu menampung 2.000-an mahasiswa saja.

(Baca: JUMLAH PESERTA UJIAN MASUK PTKIN MENINGKAT dan Peminat Masuk UIN Banten Meningkat)

“Insya Allah mulai tahun akademik 2017/2018 kapasitas daya tampungnya dapat kami tingkatkan lagi, di atas 2.500-an mahasiswa,” ungkapnya.

Peningkatan kualitas SDM tenaga pengajar juga terus dilakukan. Tahun ini misalnya, dosen selain banyak mengikuti S-3 secara mandiri, juga mengikuti seleksi program 5.000 doktor yang ditawarkan DIKTIS Kemenag. Sebanyak lima dosen berhasil terseleksi yaitu empat dosen studi S-3 di Indonesia, dan satu dosen menempuh studi S-3 di Mesir. Selain itu, satu orang studi S-3 di Leiden, Belanda melalui beasiswa dari LPDP Kementerian Keungan RI.

Sumber : http://www.radarbanten.co.id/uin-banten-terus-berbenah/