Prodi PBA : Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab

Prodi PBA : Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten bekerjasama dengan Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyah (IMLA) dan World Asembly of Moslem Youth (WAMY) mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab. Acara ini digelar pada tanggal 3 sampai 4 Oktober 2018 yang bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

.


Kegiatan ini diikuti oleh 135 peserta yang terdiri atas 110 instansi/lembaga, baik dari tingkat MI, SD IT, SMP IT, SMA IT, MTs Swasta dan Negeri, Madrasah Aliyah Negeri maupun swasta, Sekolah Menengah Atas baik negeri maupun swasta, pesantren, boarding school, dan beberapa kampus baik negeri maupun swasta yang berasal dari wilayah Provinsi Banten (Kota dan Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kota dan Kabupaten Tangerang), Bogor, Bandung, Ponorogo, Malang, Tulung Agung (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) serta Provinsi Lampung. Bahkan ada peserta native speaker dari Mesir.

Kegiatan pelatihan diawali dengan acara seremonial pembukaan. Pembukan terdiri atas beberapa sambutan. Pertama dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten, Bapak Dr. H. Subhan, M. Ed, dilanjutkan dengan sambutan dari wakil ketua umum IMLA, Bapak Dr. Tulus Mustofa, Lc. M.A sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan ini. Sambutan terakhir diberikan oleh Rektor UIN SMH Banten, Bapak Prof. Dr. H. Fauzul Iman, M.A., sekaligus membuka acara pelatihan ini. Dalam sambutannya, baik rektor maupun dekan memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada semua pihak karena telah mempercayakan UIN SMH Banten sebagai event organizer pelatihan tersebut. Harapannya kegiatan serupa dapat diadakan lagi di UIN SMH Banten. Setelah acara sambutan, selanjutnya ditampilkan kreasi seni mahasiswa dengan penampilan marawis dan paduan suara dari Himpunan Mahasiswa Jurusan PBA. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pelantikan pengurus IMLA daerah Banten periode 2018-2022 oleh Wakil Ketua Umum IMLA.



Setelah berakhirnya kegiatan pembukaan Daurah Tadribiyah Li Ta’hiili Mu’allimi al-Lughah al-Arabiyah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, selanjutnya memasukan kegiatan inti yakni pemaparan materi oleh narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Tulus Mustofa, Lc., M.A. Beliau menyampaikan materi terkait Tren Baru dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Strategi Pembelajaran Istima’ dan Kalam. Materi yang ketiga tentang Strategi Pembelajaran Membaca yang disampaikan oleh Dr. Nana Jumhana, M.Ag. Selanjutnya untuk materi terakhir di hari pertama disampaikan oleh Dr. Tulus Mustofa, Lc., MA tentang Stategi Pembelajaran Kitabah.



Memasuki hari kedua daurah, langsung masuk materi kelima yang diberikan oleh Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag yang menyampaikan terkait Strategi Pembelajaran Unsur Bahasa. Dilanjutkan oleh pemateri Siti Shalihah, M.Ag terkait Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Materi ke tujuh sekaligus materi terakhir dalam acara daurah ini diberikan oleh Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag yang memberikan bahasan mengenai Bagaimana Pembelajaran Bahasa Arab yang Dikemas Melalui Permainan, Lagu, ataupun Cerita Menarik yang mempermudah siswa  ataupun mahasiswa memahami bahasa Arab lebih efektif.


     

Hampir semua peserta pelatihan merasa sangat bersyukur dan terharu dengan kegiatan pelatihan ini, mereka merasa mendapatkan pencerahan dan gubahan persepsi terkait pembelajaran bahasa Arab. Banyak peserta mengharapkan kegiatan serupa dapat diagendakan kembali di Banten. Kesan dan pesan disampaikan juga oleh native speaker dari Mab’uts Azhar Mesir, Syekh Ahmad Ishaam Abdul Jayyid At Tamadiy. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada IMLA, WAMY dan Prodi PBA UIN SMH Banten, serta kepada pemateri Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag, Dr. Tulus Mustofa, Lc., MA, Dr. Nana Jumhana, M.Ag. Siti Shalihah, M.Ag serta panitia pelaksana atas suksesnya pelaksanaan daurah, atas materi yang disampaikan dan kesempatan yang diberikan, kegiatan ini sangat bermanfaat. Beliau mengharapkan kedepannya akan ada kegiatan serupa sehingga bahasa Arab di Indonesia dapat semakin berkembang. Pelatihan ini tidak hanya tentang mendapatkan ilmu, tapi lebih kepada menjalin silaturahim dari berbagai civitas akademika bahasa Arab. Dengan harapan semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin yang bisa dirasakan manfaatnya baik oleh peserta, pemateri, anggota IMLA dan civitas akademika terkait. – beta