Prodi PBA Tandatangani MoU Pembelajaran Bahasa Arab Online

Prodi PBA Tandatangani MoU Pembelajaran Bahasa Arab Online

Serang. Seiring perkembangan dunia Pendidikan yang menuntut kreativitas dan efektivitas pembelajaran secara lebih baik, penggunaan berbagai macam media pembelajaran terus dikembangkan. Di zaman yang serba modern, menuntut proses pembelajaran yang lebih kompatibel dengan eranya. Berbagai media pembelajaran, baik media konvensional dan media modern menjadi hal yang penting bagi setiap pendidik. Penggunaan media modern salah satunya yaitu pembelajaran secara online lebih memudahkan pendidik maupun terdidik untuk melakukan pembelajaran di manapun. Selain lebih efektif dan efisien, ketertarikan terhadap penggunaan media online menjadi motivasi tersendiri bagi pendidik ataupun terdidik untuk melakukan pembelajaran. Dan beberapa media pembelajaran online yang telah diterapkan dirasakan dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional.

 

Kaitannya dengan hal tersebut, asosiasi pengajar Bahasa Arab Indonesia atau yang biasa disebut dengan nama Ittihad Muallimii al Lughah al Arabiyah (IMLA) memprakarsai suatu gubahan baru dalam pembelajaran Bahasa Arab secara online yang merangkul sekitar 45 perguruan tinggi dan Lembaga se-Indonesia untuk dapat mewujudkannya. Gubahan berupa pembelajaran Bahasa Arab online ini  terlaksana berkat kerjasama dengan Saudi Electronic University yang mana telah dilangsungkan penandatanganan MoU di Universitas Negeri Malang pada 28-29 September 2018 lalu dengan diikuti oleh 45 perguruan tinggi dan Lembaga yang bergabung dalam IMLA.

 

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menjadi salah satu dari 45 perguruan tinggi yang ikut serta dalam penandatangan MoU pada tanggal 28-29 September 2018 di Malang. Keikutsertaan UIN SMH Banten dalam penandatanganan MoU dihadiri oleh rektor UIN SMH Banten Bapak Prof. Dr. H. Fauzul Iman, MA , wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Bapak Dr. H. Wawan Wahyuddin, M.Pd,  ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Dina Indriana, M.Pd serta sekretaris jurusan PBA Siti Shalihah, M.Ag.

 

 

 

UIN SMH Banten sangat mendukung gubahan baru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab ini, dengan harapan semoga dengan media online ini dapat mempermudah dosen maupun mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Media pembelaran online yang dirancang terdiri dari video interaktif, mp3 dan gambar pembelajaran serta ribuan latihan praktif, dimana media pembelajaran online ini dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa, ini berdasarkan informasi dari Siti Shalihah, M.Ag selaku sekretaris jurusan PBA sekaligus dosen Media Pembelajaran Bahasa Arab UIN SMH Banten yang ikut hadir dalam penandatanganan MoU di Malang.


Selain acara penandatangan MoU, dilakukan juga pelatihan tentang penerapan pembelajaran secara online kepada para perwakilan yang hadir. Harapannya adalah agar nantinya dapat disebarluaskan dan dapat diterapkan di institusi masing-masing. Kerjasama ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sistem pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia pada umumnya, dan untuk kalangan akademisi Jurusan PBA UIN SMH Banten pada khususnya.