Visi & Misi

Visi

Menjadi Fakultas yang unggul dan terkemuka dalam mengembangkan ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang integratif dan menyiapkan lulusan yang Islami dan berwawasan global di tingkat ASEAN tahun 2032

Makna istilah dalam rumusan visi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten tersebut dapat dijelaskan  sebagai berikut:

  1. Unggul dan Terkemuka: dua kata yang  memiliki makna yang sama, maksudnya adalah  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten berada di atas rata-rata fakultas sejenis baik dalam  pemenuhan standar proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta memiliki lulusan yang memilki kompetensi di atas rata-rata lulusan fakultas sejenis karena lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten memiliki distingsi kompetensi yang berbeda dibanding lulusan fakultas lain yang sejenis pada tingkat ASEAN.
  2. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang Integratif: maksudnya adalah Ilmu Pendidikan Islam (Tarbiyah) dan Keguruan yang tidak mengenal paradigma dikhotomi ilmu umum dan agama, namun justru berusaha menghilangkan paradigma dikhotomis tersebut, dan  membangun paradigma bahwa sumber ilmu adalah satu yaitu Yang Maha Pemberi Ilmu yaitu Allah SWT.
  3. Lulusan yang Islami, maknanya adalah bahwa lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten  sebagai sarjana pendidikan yang memiliki nilai-nilai karakter Islami dan akhlakul karimah. Nilai-nilai ajaran Islam yang luhur yang terinternalisasi dengan baik pada diri setiap lulusan.
  4. Berwawasan Global: Maknanya bahwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten memiliki harapan agar lulusannya memiliki kompetensi dan bekal ilmu pengetahuan yang dapat memungkinkan untuk berkompetisi dan bersaing di era global dengan segala karakteristiknya.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dan terkemuka, integratif, dan berwawasan global;
  2. Melaksanakan penelitian, kajian, dan pengembangan ilmu tarbiyah dan keguruan secara integratif;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang unggul berbasis ilmu tarbiyah dan keguruan;
  4. Melakukan kerja sama dan pengembangan jejaring dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri; dan
  5. Melaksanakan tata kelola fakultas yang unggul dalam pelayanan akademik dan non akademik.

Berdasarkan Misi di atas, maka Tujuan yang ingin dicapai oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang islami, unggul, dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas, unggul dan integratif di bidang ilmu Tarbiyah dan Keguruan;
  3. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan berkualitas berbasis ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
  4. Mewujudkan program kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri.
  5. Mewujudkan layanan akademik dan non akademik yang baik dan profesional sebagai pelaksanaan tata kelola Fakultas yang unggul.