JURUSAN PAI UIN SMH BANTEN GELAR WEBINAR EDUPRENEUR, TARGETKAN LULUSAN BERKOMPETENSI WIRAUSAHA

Selasa, 12 April 2022 Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN SMH Banten menggelar sebuah webinar dengan tema “Kreatif dalam Edupreneur”. Webinar yang diselenggarakan dengan tujuan mengedukasi mahasiswa di jurusan PAI dan di dalam maupun luar lingkungan UIN SMH Banten tentang pentingnya kompetensi berwirausaha bagi para calon tenaga pendidik khususnya dan profesi-profesi lain pada umumnya.

Profesi guru sebagaimana kita tahu hari ini adalah salahsatu profesi yang diinginkan oleh banyak orang, profesi yang bergerak dalam bidang ketenaga pengajaran dengan 4 kompetensi inti, yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Berkaca pada realita yang ada ternyata 4 kompetensi tersebut terkadang hanya dapat membantu guru dalam melakukan tugas-tugasnya di dalam sekolah, namun tidak dapat membackup guru-guru dari sisi ekonomi atau finansial, sehingga tidak heran setiap tahunnya isu-isu kesejahteraan guru sering mencuat. Berangkat dari keresahan ini Jurusan PAI UIN SMH Banten mengagas satu program webinar dengan tema “Kreatif dalam Edupreneur” yang diharapkan dapat membekali mahasiswanya dengan satu kompetensi tambahan yaitu kompetensi kewirausahaan, sehingga ketika masuk ke dunia profesi guru nanti secara penghasilan para mahasiswa calon-calon guru ini tidak ketergantungan terhadap profesi gurunya, melainkan dapat menciptakan satu alternatif penghasilan lain diluar daripada profesi tu, yaitu dengan berwirausaha.

“Webinar ini tentunya jika dipahami dengan serius akan menjadi momentum penyadaran dan pendidikan bagi mahasiswa dan mahasiswi PAI para calon-calon tenaga pendidik, bahwa menggantungkan penghasilan kepada satu profesi yang dalam hal ini adalah guru, ternyata belumlah cukup, disisi lain para tenaga pendidik nantinya harus berpikiran terbuka dalam menentukan sumber penghasilan mereka, dalam hal ini berwirausaha akan menjadi salahsatu alternatif yang bagus”, tutur Eqi Nur Ramadhan, salahsatu mahasiswa PAI. Dalam webinar yang diikuti oleh sekitar 300 peserta ini turut juga menghadirkan Rektor UIN SMH Banten, Prof. Dr. H. Wawan Wahyudin, M. Pd sebagai keynote speaker, serta Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Nana Jumhana, M. Ag sebagai opener speech. Dan sebagai pemateri dalam webinar ini yaitu Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Chaerul Rochman, M. Pd, CIQaR, serta CEO Rumah Prestasi Indonesia Mujang Kurnia SE.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *