PRODI PPG FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SMH BANTEN MENYELENGGARAKAN PELATIHAN TPACK

Dipublikasikan oleh Admin FTK Minggu, 22 Mei 2022

Ketua Prodi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, H. M. Rifqi Rijal, M.M.Pd. mengawali sambutan menyampaikan kegiatan Pelatihan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ini diikuti oleh 25 peserta. Mereka terdiri dari 24 dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan 1 dosen dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dr. H. Jhon Pahamzah, M.Hum. Lebih lanjut dikatakan oleh Ketua Prodi PPG FTK UIN SMH Banten bahwa pelatihan ini sangat penting bagi Dosen sebagai bekal atau penguatan untuk menyampaikan kepada calon guru profesional dalam hal ini peserta PPG agar lebih memahami bagaimana
teknologi, pedagogi, dan konten saling berhubungan. Mengajar dengan menggunakan teknologi memerlukan kerangka kerja yang fleksibel. Teknologi dapat secara efektif diintegrasikan dengan berbagai pendekatan pedagogis dan bidang dari konten. Kegiatan yang digagas oleh Prodi Pendidikan Profesi Guru ini diselenggarakan di Hotel Le Dian pada Kamis, 19 Mei 2022 dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr. Nana Jumhana, M.Ag. dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya para Dosen/guru untuk mengintegrasikan antara Pengetahuan Teknologi (Technological Knowledge), Pengetahuan Pedagogi (Pedagogical Knowledge), dan Pengetahuan Konten (Content Knowledge) dalam sebuah konteks pembelajaran. Sebelum membuka acara, Dekan FTK UIN SMH Banten menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dr. Cepy Riana, M.Pd. yang telah bersedia menjadi Narasumber pada kegiatan Pelatihan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). “Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, jadi saya harap kepada peserta jangan ISMAIL (istirahat, makan, ilang)”, imbuhnya sambil guyon menutup sambutannya.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang dipandu oleh Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Dr. Cepy Riana, M.Pd. yang telah berhasil melintasi banyak negara karena hasil penelitian, artikel, buku, presentasi, dan berbagai karya ilmiah lainnya serta meraih penghargaan seperti peneliti terbaik Universitas Pendidikan Indonesia, juga masih aktif sebagai Sekretaris Jenderal Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia. Merasa sangat diapresiasi dengan kehadiran peserta yang sangat aktif. Hal senada juga diutarakan salah seorang peserta Drs. H. Saefudin Zuhri, M.Pd. Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam FTK Universitas Islam Negeri SMH Banten dipenghujung kegiatan, “Kegiatan pelatihan ini sangat menarik, peserta dan narasumber sangat aktif.” ujarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *