RIHLAH ACADEMIA-Prodi PBA FTK UIN Banten Goes to UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan Rihlah Academia ke Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 26-28 Juni 2022. Kegiatan yang diikuti oleh 31 Mahasiswa tersebut didampingi oleh Dina Indriana, M.Pd. selaku ketua Jurusan dan Ubaidillah, M.Pd.I. sebagai Sekretaris Jurusan. Selain menggali informasi akademik, Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan kerjasama dengan prodi PBA FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi mahasiswa Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk mencapai salah satu Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yaitu Menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi guru professional dan memiliki 5 keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis dan menterjemahkan).

Sebelum pemberangkatan, mahasiswa diberikan arahan dan dilepas oleh Dr. Nana Jumhana, M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dalam sambutannya Dekan berpesan “Jadikan kegiatan ini sebagai pembelajaran yang membawa kebaikan dan perubahan pada pola pembelajaran kalian nanti, ambil yang baiknya, dan jangan lupa tetap jaga marwah almamater kita”. Kemudian setelah itu, mahasiswa dilepas dan berangkat menuju Yogyakarta.

Mahasiswa disambut baik oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian, acara dibuka oleh Dekan FITK  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd dan didampingi oleh para Wakil Dekan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan dan hadir Prof. Dr. Abdul Munip, M.Ag. sebagai Narasumber pada kegiatan tersbut.  Kegiatan yang berlangsung hingga sore hari ini di Moderatori oleh Dr. Andi Holilulloh, M.A. Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan hingga akhir, menurut Satni (salah satu mahasiswa PBA) kegiatan seperti ini sangat edukatif, semoga bisa menjadi program tahunan jurusan Pedidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, tambahnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *