MAHASISWA JURUSAN PBA RAIH DUA PENGHARGAAN PADA AJANG KOMPETISI MAHASISWA BERTALENTA

Serang – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten berhasil meraih dua penghargaan pada Kompetisi Gelanggang Kreasi Dunia Berprestasi (GRADASI). Gradasi merupakan kompetisi bergengsi antar mahasiswa yang diisi dengan beberapa cabang lomba yang berkaitan dengan Bahasa Arab seperti cabang Qira’ah Al-Syi’r (pembacaan syi’r), Khitobah (pidato), qira’ah al-kutub (membaca buku), taqdim al-qishah (menyajikan cerita), qira’ah al-akhbar (membaca berita), dan kaligrafi. Kegiatan tersebut telah diselenggarakan pada Kamis s.d. Minggu, 14-17 Juli 2022 dan dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan BSA Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan turut berpartisipasi dengan mengirimkan sebanyak tujuh mahasiswa pilihan yaitu, Rifki Husni dan Sohibuddin cabang qira’ah al-kutub, Siti Khofifah cabang Qiroah al-Syi’ir, Muhammad Paoji cabang Khitobah, Arini Fitriani M cabang Qiroah al-Akhbar, Agung cabang Kaligrafi, dan Faiza cabang qira’atul akhbar. Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini diikuti oleh berbagai PKTIN di Indonesia seperti UIN Yogyakarta, UIN Malang, UIN Jakarta, IAIN Cirebon, Madura, Surabaya, dan lain-lain.

Sekretaris Jurusan PBA, Ubaidillah, M.Pd.I. turut mendampingi mahasiswa untuk memberikan bimbingan serta dukungan kepada mahasiswa agar dapat tampil dengan maksimal. Para Mahasiswa Jurusan PBA UIN SMH Banten bersaing ketat dengan puluhan peserta dari berbagai PTKIN atau PTKIS. Dengan kerja keras dan berkat pertolongan Allah swt. Dua dari tujuh mahasiswa Jurusan PBA berhasil meraih 2 penghargaan dari cabang qira’ah al-kutub (Sohibudin) dan cabang qira’ah al-akhbar (Arini Fitrota Milati). Ucapan terimakasih disampaikan oleh Ketua Jurusan PBA, Dina Indriana, M.Pd. kepada semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan tersebut. “Alhamdulillah Tahun 2022 Jurusan PBA sudah menabung prestasi mahasiswa”, tambahnya.

Atas prestasi yang diraih, Jurusan PBA menuai pujian dari berbagai pihak khususnya dari unsur pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dekan, para Wakil Dekan serta pimpinan Prodi lainnya turut memberi apresiasi atas kesungguhan Prodi PBA dalam membimbing mahasiswanya sehingga menuai hasil pada event Nasional. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Hj. Eneng Muslihah, Ph.D., berharap semoga Program Studi lainnya di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dapat segera menyusul dan tetap semangat untuk mengharumkan nama baik lembaga, pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *