PERAN MUSYRIF DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MAHASISWA KADER DI ASRAMA UNGGULAN KH. ABU DARDIRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10008Keywords:
Asrama, Musyrif, Kedisiplinan, BelajarAbstract
Pendidikan tinggi memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, termasuk salah satu perguruan tinggi yang menyadari pentingnya hal ini, memberikan perhatian khusus pada pembinaan kedisipilanan mahasiswa melalui Asrama Kader. Asrama Unggulan Mahasiswa Kader KH. Abu Dardiri tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai lingkungan pendidikan yang mendukung pengembangan keilmuan dan kedisiplinan belajar mahasiswa kader dengan musyrif dan musyrifah yang bertanggung jawab atas kegiatan di asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran musyrif dan musyrifah serta dampaknya terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa kader di Asrama Unggulan Mahasiswa Kader KH. Abu Dardiri Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dengan pendekatan kualitatif fenomenologi, hasil penilitian menunjukan bahwa peran musyrif dalam membimbing, mendampingi, mengontrol, dan mengawasi mahasiswa kader sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar mereka. Kedisiplinan ini menjadi fondasi penting dalam meraih keberhasilan akademis dan non-akademis. Meskipun Asrama Unggulan Mahasiswa Kader KH. Abu Dardiri Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah memberikan perhatian khusus pada pembinaan mahasiswa kader, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sejauh mana peran musyrif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mereka secara mendalam