PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR BERBASIS AI “INCEKIL” (INFAQ CERDAS KECIL) TENTANG INFAQ PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10013


Keywords:
Cerita bergambar, Media Pembelajaran, InfaqAbstract
Penelitian ini mengusulkan solusi inovatif dalam bentuk pengembangan cerita bergambar berbasis AI yang diberi nama INCEKIL (Infaq Cerdas Kecil) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep infaq dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Dasar. Melalui pendekatan D&D (Design and Development) yang sistematis menggunakan model ADDIE, penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian nya adalah siswa kelas V SDN Cibereum III. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat keefektifan media Cerita Bergambar yang dapat diterapkan di tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cerita Bergambar “INCEKIL” memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep infaq. Dengan memanfaatkan teknologi AI, cerita ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Respon positif dari siswa dan evaluasi oleh ahli mengkonfirmasi kualitas produk ini sebagai alat pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran agama, menjadi semakin penting untuk memastikan relevansi dan daya tarik pembelajaran. Cerita Bergambar “INCEKIL” hadir sebagai langkah progresif untuk mengatasi tantangan dalam menyampaikan konsep abstrak kepada siswa, menawarkan pendekatan yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran PAI di SD.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.