PENGEMBANGAN CERITA BERGAMBAR BERBASIS AI “INCEKIL” (INFAQ CERDAS KECIL) TENTANG INFAQ PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10013


Keywords:
Cerita bergambar, Media Pembelajaran, InfaqAbstract
Penelitian ini mengusulkan solusi inovatif dalam bentuk pengembangan cerita bergambar berbasis AI yang diberi nama INCEKIL (Infaq Cerdas Kecil) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep infaq dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat Sekolah Dasar. Melalui pendekatan D&D (Design and Development) yang sistematis menggunakan model ADDIE, penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian nya adalah siswa kelas V SDN Cibereum III. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat keefektifan media Cerita Bergambar yang dapat diterapkan di tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cerita Bergambar “INCEKIL” memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep infaq. Dengan memanfaatkan teknologi AI, cerita ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Respon positif dari siswa dan evaluasi oleh ahli mengkonfirmasi kualitas produk ini sebagai alat pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran agama, menjadi semakin penting untuk memastikan relevansi dan daya tarik pembelajaran. Cerita Bergambar “INCEKIL” hadir sebagai langkah progresif untuk mengatasi tantangan dalam menyampaikan konsep abstrak kepada siswa, menawarkan pendekatan yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran PAI di SD.