IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB WASHOYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ASMANIYAH
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10071Keywords:
Implementasi, Pembelajaran Kitab Washoya, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian karakter Islami Kitab Washoya al-Abaa’i Lil Abnaa’i dan implementasi pembelajarannya. Latar belakang dalam penelitian ini adalah karakter anak-anak santri kelas XI yang melanggar beberapa aturan Pondok Pesantren al-Asmaniyah dan kurang sesuai degan kajian Kitab Washoya. Adapun jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan subyek penelitian ini, yaitu anak-anak santri kelas XI Pondok Pesantren al-Asmaniyah Kp. Dukuh Pinang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa kajian karakter Islami di dalam Kitab Washoya al-abaa’i Lil Abnaa’i terdiri dari 20 pasal, diawali dengan pasal nasihat guru kepada muridnya dan ditutup dengan pasal wasiat terakhir dari mushonnif. Serta implementasi pembelajarannya meliputi, kegiatan perencanaan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tiga kegiatan, yaitu: kegiatan pembuka pembelajaran, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Temuan ini memberikan pengetahuan penting tentang menanamkan karakter yang baik kepada para santri melalui kajian Kitab Washoya al-Abaa’i Lil Abnaa’i. Serta temuan ini memberikan dorongan kepada guru agar selalu melakukan upaya untuk membentuk karakter santri selalu menjadi lebih baik lagi.