PENGUATAN KURIKULUM KKNI PRODI PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN KABUPATEN PANDEGLANG

Survei Pada SMAN di Kabupaten Pandeglang

Authors

  • Saefudin Zuhri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Yahdinil Firda Nadiroh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10249
Statistics: Abstract viewed : 313 times | pdf downloaded : 226 times

Keywords:

Relevansi, KKNI, Kurikulum PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dan menganalisis relevansi muatan kurikulum KKNI program studi Pendidikan Agama Islam dengan kompetensi dasar pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pandeglang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif descriptive yang menyuguhkan data relevan dengan kondisi data nyata denga menggunakan mix method. Data-data yang dipakai di dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berasal dari (1) Dosen-dosen prodi PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pengampu mata kuliah kegamaan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS); (2) Guru-guru SMAN di Kabupaten Pandeglang pengampu mata pelajaran PAI dalam bentuk dokumen KI/KD dan Silabus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat relevansi atau kesesuaian antara kurikulum KKNI prodi PAI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dengan kurikulum SMAN pada mata pelajaran PAI. Relavansi tersebut dapat terlihat dari besaran prosentase yang tergambar pada setiap kelas, yakni (1) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas X dideskripsikan 65,90% - 77,27% menunjukan sangat sesuai. (2) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas XI menunjukan angka 68,18% - 81,81%. (3) Tingkat kesesuaian kurikulum pada kelas XII didapatkan prosentase 56,25% - 87,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Zuhri, S., & Nadiroh, Y. F. (2024). PENGUATAN KURIKULUM KKNI PRODI PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMAN KABUPATEN PANDEGLANG: Survei Pada SMAN di Kabupaten Pandeglang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10249

Issue

Section

Articles