KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINTASAN SEJARAH

Authors

  • Aep Saeful Anwar UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nani Mulyani MTSN 1 Kab Serang

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i1.1037
Statistics: Abstract viewed : 483 times | PDF downloaded : 889 times

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak. Dewasa ini, perkembangan pendidikan Islam tidak lepas dari sejarah perkembangan agama Islam sendiri. Kebutuhan manusia akan pengetahuan agama yang dapat menuntunnya ke jalan yang benar, terjawab oleh pendidikan melalui kualitas dan pemahaman keagamaannya. Agama Islam merupakan agama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, mengandung implikasi kependidikan sebagai rahmat bagi sekalian alam. Hal ini terbukti secara konkrit bahwa Al-Qur`an sebagai mozaik dan konten pendidikan Islam yang berkembang dari masa ke masa dan tidak pernah berubah, baik dari segi isi dan lainnya. Dalam agama Islam, terkandung suatu potensi yang mengacu kepada dua fenomena perkembangan. Pertama, potensi psikologis dan paedagogis yang mempengaruhi manusia untuk menjadi pribadi yang berkualitas bijak dan menyandang derajat mulia melebihi makhluk-makhluk lainya. Kedua, potensi pengembangan kehidupan sebagai khalifah di muka bumi yang dinamis dan kreatif serta responsif terhadap lingkungan sekitarnya, baik yang bersifat alamiah maupun ijtimaiyah, dimana Tuhan menjadi potensi sentral perkembangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Anwar, A. S., & Mulyani, N. (2018). KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINTASAN SEJARAH. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i1.1037

Issue

Section

Articles