PROFESI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1043
Statistics: Abstract viewed : 2628 times | PDF downloaded : 4378 times

Keywords:

berpikir kritis, peserta didik, profesi keguruan

Abstract

Abstrak. Dalam percakapan sehari-hari, sering terdengar istilah profesi atau profesional, perlu diketahui bahwa profesi keguruan merupakan profesi yang sedang berkembang saat ini. Pemikiran tentang hakikat profesi keguruan kerap kali diperbincangkan. Bagi calon guru, pengetahuan tentang profesi keguruan harus benar-benar dimiliki untuk dapat mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Dengan demikian, mutu pendidikan harus sangat diperhatikan bagi para guru untuk menyelamatkan profesinya. Menanggapi persoalan tersebut, dalam mengembangkan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi, guru harus bisa mengembangkan intelegensi dasar peserta didik. Unsur tersebut harus ditanamkan dalam diri peserta didik sekuat-kuatnya agar terpatri di dalam dirinya. Keterampilan berpikir kritis sangat penting bagi peserta didik karena dengan keterampilan tersebut, peserta didik mampu bersikap rasional dan memilih alternatif terbaik bagi dirinya agar bisa menghadapi era globalisasi dan tidak ketinggalan zaman apalagi sampai terbawa arus globalisasi. Di samping itu, untuk mempertahankan profesinya, guru juga harus memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya, mampu berkomunikasi dengan baik kepada anak didiknya, serta mempunyai jiwa kreatif dan komitmen tinggi terhadap profesinya. Dengan demikian, tantangan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi tidak akan menggusurnya pada posisi yang tidak baik.berpikir

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Juhji, J., & Suardi, A. (2018). PROFESI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24. https://doi.org/10.32678/geneologi pai.v5i1.1043

Issue

Section

Articles