Hubungan Gaya Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1307


Keywords:
Disiplin belajar, gaya belajar, hasil belajar, pembelajaran PAIAbstract
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Hal ini diperkirakan akibat proses pembelajaran yang kurang memperhatikan karakteristik gaya belajar peserta didik, serta disiplin belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, (2) mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta (3) mengetahui hubungan gaya belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 369 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 25% dari seluruh jumlah populasi, sehingga diperoleh 92 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rxy= 0,828 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,624, dan koefisien determinasi 68,6%; pada aspek afektif dengan nilai rxy= 0,838 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,651, dan koefisien determinasi 70,2%; dan pada aspek psikomotor dengan nilai rxy= 0,698 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,373, dan koefisien determinasi 48,7%. Terdapat hubungan antara disiplin belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rxy= 0,821 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,602, dan koefisien determinasi 67,4%; pada aspek afektif dengan nilai rxy= 0,794 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,534, dan koefisien determinasi 63,0%; serta pada aspek psikomotor dengan nilai rxy= 0,742 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,498, dan koefisien determinasi 55,1%. Terdapat hubungan antara gaya belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pada mata pelajaran PAI yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rxy= 0,895 > rtabel= 0,202 dan koefisien determinasi sebesar 80,1%; pada aspek afektif dengan nilai rxy= 0,887 > rtabel= 0,202 dan koefisien determinasi 78,7%; serta pada aspek psikomotor dengan nilai rxy= 0,783 > rtabel= 0,202 dan koefisien determinasi 61,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik gaya belajar dan disiplin siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.