Hubungan Gaya Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nurkaman Nurkaman UIN SMH Banten
  • Nana Surya Permana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1307
Statistics: Abstract viewed : 142 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 106 times

Keywords:

Disiplin belajar, gaya belajar, hasil belajar, pembelajaran PAI

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Hal ini diperkirakan akibat proses pembelajaran yang kurang memperhatikan karakteristik gaya belajar peserta didik, serta disiplin belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, (2) mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta (3) mengetahui hubungan gaya belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 369 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 25% dari seluruh jumlah populasi, sehingga diperoleh 92 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rxy= 0,828 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,624, dan koefisien determinasi 68,6%; pada aspek afektif dengan nilai rxy= 0,838 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,651, dan koefisien determinasi 70,2%; dan pada aspek psikomotor dengan nilai rxy= 0,698 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,373, dan koefisien determinasi 48,7%. Terdapat hubungan antara disiplin belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rxy= 0,821 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,602, dan koefisien determinasi 67,4%; pada aspek afektif dengan nilai rxy= 0,794 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,534, dan koefisien determinasi 63,0%; serta pada aspek psikomotor dengan nilai rxy= 0,742 > rtabel= 0,202, koefisien korelasi parsial sebesar 0,498, dan koefisien determinasi 55,1%. Terdapat hubungan antara gaya belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pada mata pelajaran PAI yaitu pada aspek kognitif dengan nilai rxy= 0,895 > rtabel= 0,202 dan koefisien determinasi sebesar 80,1%; pada aspek afektif dengan nilai rxy= 0,887 > rtabel= 0,202 dan koefisien determinasi 78,7%; serta pada aspek psikomotor dengan nilai rxy= 0,783 > rtabel= 0,202 dan koefisien determinasi 61,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik gaya belajar dan disiplin siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.  

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-01-16

How to Cite

Nurkaman, N., & Surya Permana, N. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 139–154. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1307