KONSEPTUALISASI FITRAH MANUSIA IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN ISLAM

Kajian Ontologi Pendidikan Islam

Authors

  • Aep Saepul Anwar
Statistics: Abstract viewed : 370 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1062 times

Keywords:

Fitrah, Manusia, Pendidikan dan Kehidupan

Abstract

Manusia sejak dilahirkan sudah memiliki fasilitas dan potensi yang terbesar, walaupun pada saat itu manusia dalam keadaan lemah tidak berdaya bahkan menyusahkan manusia lainnya. Manusia diciptakan oleh Allah SWT dalam struktur yang paling baik antara makhluk Allah yang lain. Struktur manusia terdiri dari unsur jasmaniah dan rohaniah, atau unsur fisiologis dan unsur psikologis. Dalam struktur jasmaniah dan rohaniah itu, Allah memberikan seperangkat kemampuan dasar yang memiliki kecenderungan berkembang. Mengenai pendidikan adalah proses bukan aktivitas spontan yang sekali jadi. Sebagai sebuah proses, maka hakekat pendidikan adalah rangkain aktivitas terprogram, terarah dan berkesinambungan. Ada berbagai komponen yang berfungsi sebagai penopang  terlaksananya aktivitas pendidikan secara efektif dan efisien. Komponen-komponen itu saling berhubungan dan memiliki kebergantungan satu sama lain. Oleh karenanya, dapatlah dikatakan bahwa pendidikan adalah kumpulan aktivitas dalam sebuah sistem. Sebagai sebuah sistem, pendidikan tidak dapat dilepaskan dari kerangka filosofis yang mengkaji tentang masalah pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-01-31

How to Cite

Anwar, A. S. (2017). KONSEPTUALISASI FITRAH MANUSIA IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN ISLAM: Kajian Ontologi Pendidikan Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 1–12. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/223

Issue

Section

Articles