Pengaruh Model Pembelajaran Education Games terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Studi di MTs Al-Khairiyah Karangtengah Kota Cilegon

Authors

  • Eneng Muslihah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nasehussalam Nasehussalam
Statistics: Abstract viewed : 121 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 86 times

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang monoton akan membuat anak bosan dan jenuh. Seorang guru harus kreatif dalam proses pembelajaran, penyajiaan materi harus disesuaikan dengan kondisi perkembangan, lingkungan, kesenangan, dan harus mampu mengemas materi yang diajarkan dalam bentuk permainan yang menyenangkan dan mendidik. Berdasarkan latar belakang di atas,  rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar aqidah akhlak siswa yang menggunakan model pembelajaran education games lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran education games.? Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah mengetahui apakah prestasi belajar aqidah akhlak siswa yang menggunakan model pembelajaran education games lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran education games. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Khairiyah Karangtengah, dengan metode penelitian ialah Quasi Experiment. Desain penelitian ialah nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampelnya ialah teknik random cluster sampling untuk memilih 2 kelas. kelas VIII b sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII c sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan soal tes. Prasyarat normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah ststistik inferensial parametris yaitu t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan data hasil perhitungan uji-t pada data prestasi belajar sebelum perlakuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh nilai   sebesar -0,05 lebih kecil dari nilai   pada taraf signifikasi 0,05 yakni  1,671 sehingga -0,05 ≤ 1,671. Sedangkan setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh nilai sebesar 1,931 lebih besar dari nilai   pada taraf signifikasi 0,05 yakni  1,699 sehingga 1,931 ≥ 1,699, Ho ditolak dan Ha diterima dengan presentase skor sebesar 80,28%, > 63,25 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eneng Muslihah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2017-02-06

How to Cite

Muslihah, E., & Nasehussalam, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Education Games terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak: Studi di MTs Al-Khairiyah Karangtengah Kota Cilegon. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 97–117. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/231

Issue

Section

Articles