METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BANJARNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4701


Keywords:
Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak TunarunguAbstract
Pendidikan ialah proses belajar yang dibentuk oleh guru untuk meningkatkan kreatifitas berfikir yang bisa menaikkan keahlian berfikir siswa. Bukan cuma anak normal saja yang berhak memperoleh pendidikan dalam pembelajaran, anak yang mempunyai kebutuhan khusus termasuk anak tunarungu juga memperoleh hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dalam pembelajaran. Metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Negeri Banjarnegara memakai bermacam metode pendidikan ialah meliputi metode ceramah, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, serta bermain. Hal tersebut diterapkan cocok dengan keahlian yang dipunyai oleh siswa tunarungu. Tujuan riset ini yakni untuk mendapatkan cerminan menimpa metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Negeri Banjarnegara pada anak tunarungu. Tipe riset ini yakni kualitatif riset lapangan yang berbentuk deskritif kualitatif. Riset ini dilaksanakan di SLB Negeri Banjarnegara. Perolehan informasi dicoba dengan menggali sumber informasi ialah guru pembelajaran agama Islam secara langsung. Hasil riset ini menampilkan kalau guru sudah melaksakan pendidikan pembelajaran agama Islam dengan memakai bermacam metode yang disesuaikan dengan keahlian yang dipunyai oleh siswa tunarungu. Dibantu dengan memakai metode untuk berbicara dengan anak tunarungu yakni metode oral, membaca ujaran, tata cara manual, pembinaan aural, serta metode komunikasi total untuk mempermudah siswa dalam menerima pendidikan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.