IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MTS YTI SUKAMERANG


Keywords:
implementasi, keberagamaan, pembelajaran jarak jauhAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program pengembangan keberagamaan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh di MTs YTI Sukamerang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data umum adalah peserta didik kelas VII yang berada di MTs YTI Sukamerang Garut. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Angket tersebut dibagikan lewat google form kepada peserta didik kelas VII di MTs YTI Sukamerang yang berjumlah 26 orang, laki-laki berjumlah 14 orang dan perempuan berjumlah 12 orang. Selanjutnya data tersebut dikumpulkan serta dianalisis kemudian dilakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa program pengembangan keberagamaan peserta didik yang dilakukan di MTs YTI Sukamerang selama pembelajaran jarak jauh adalah Shalat Dhuha, tadarus & tahfidz Al-Qur’an, melaksanakan infak, Shalat Dzuhur dan kegiatan kepesantrenan. Dari hasil data yang diperoleh prosentase sebesar 90% sudah dilaksanakan dengan sangat baik terlihat pada skor implementasi program pengembangan keberagamaan peserta didik berdasarkan responden peserta didik antara laki-laki dan perempuan. Hal ini tidak terlepas dari peran pendidikan yang mengarahkan keseharian mereka baik dilingkungan keluarga maupun sekolah
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.