TINGKAT KETERDIDIKAN MENURUT ALQURAN: MENGURAI MAKNA A’LAMU SEBAGAI PANDUAN PENDIDIKAN

Authors

  • Agus Nurcholis Saleh Mathla'ul Anwar University
  • Teguh Fachmi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ilman Fakih Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4707
Statistics: Abstract viewed : 100 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 81 times

Keywords:

keterdidikan, Alquran

Abstract

Manusia itu sudah diciptakan oleh Allah dengan sempurna. Pendidikan adalah cara manusia untuk menjaga kesempurnaan tersebut. Ada banyak jenjang pendidikan yang dirumuskan dan terlembaga secara mapan. Namun hasilnya masih tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuka informasi dan memberikan pencerahan tentang keterdidikan dalam Alquran, sebagai pedoman manusia untuk memelihara kesempurnaan dirinya sebagai insan terdidik. Penelitian ini bersifat pustaka. Alquran sebagai sumber data utama, dan peneliti sebagai instrumen kunci dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penulis menetapkan tema. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis konten. Secara pendekatan, peneliti mengikuti alur tafsir. Hasilnya, tingkat pendidikan yang tinggi belum tentu mencerminkan tingkat keterdidikan. Seorang yang telah menyelesaikan suatu tingkat pendidikan belum tentu memiliki karakter yang disebutkan. Sebagai sebuah sistem, Alquran membantu manusia untuk mewujudkan kesempurnaan melalui terintegrasinya pikiran, perasaan, dan anggota badan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-22

How to Cite

Saleh, A. N., Fachmi, T., & Fakih, I. (2021). TINGKAT KETERDIDIKAN MENURUT ALQURAN: MENGURAI MAKNA A’LAMU SEBAGAI PANDUAN PENDIDIKAN. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 305–316. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4707

Issue

Section

Articles