PERAN GURU PAI DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN

Authors

  • Iik Muhammad Taufik IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Statistics: Abstract viewed : 224 times | pdf downloaded : 0 times

Keywords:

Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Perundungan.

Abstract

Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk perundungan yang ada di SMAN 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon. (2) Bagaimana peran guru PAI dalam menangani  perundungan di SMAN 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon. (3) Apa faktor penyebab terjadinya perundungan di SMAN 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk-bentuk perundungan yang terdapat pada SMAN 1 Astanajapura adalah perundungan verbal berupa memberi julukan, mengejek dan menghina fisik atau kekurangan orang lain. Perundungan fisik seperti memukul, mencubit, menjambak dan memalak. Perundungan psikologis berupa pengucilan serta perundungan media massa seperti mengejek dalam sosial media atau game online. Kedua, peran guru PAI dalam menangani perundungan melalui dua tahap yaitu tahap pencegahan dan tahap tindak lanjut, seperti melakukan pengawasan, sosialisasi kegiatan intra dan ekstrakurikuler, bimbingan, pengajaran pendidikan dan keteladanan serta melakukan koordinasi dengan setiap warga sekolah. Ketiga, faktor perundungan yang terjadi di SMAN 1 Astanajapura adalah faktor orang tua, teman sebaya dan sosial media.

 

Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Perundungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Taufik, I. M. (2022). PERAN GURU PAI DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN . Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 197–209. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/5957