This is an outdated version published on 2022-12-29. Read the most recent version.

ETIKA DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING

Ethics In Learning The Qur’an Perpective And Its Implementation In Online Learning

Authors

  • Silvie Afifatuz Zulfah UINSA
  • Ahmad Yusam Thobroni UINSA
Statistics: Abstract viewed : 929 times | pdf downloaded : 0 times

Keywords:

Etika, Pembelajaran, Perspektif Al-qur’an, Daring

Abstract

Etika belajar dalam pembelajaran daring perlu diterapkan, selain agar transfer ilmu pengetahuan berlangsung efektif juga ilmu yang dipelajari bermanfaat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika dalam pembelajaran perspektif al-qur’an dan implementasinya dalam pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), serta pengumpulan data ayat-ayat al-qur’an menggunakan metode tafsir maudhu’i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayat-ayat tentang etika dalam belajar daring yakni: 1) Surah Al-A’raf ayat 29 (ikhlas dalam belajar), implementasinya seperti niat ikhlas belajar daring, ikhlas melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh, sehingga menyerahkan tugas tepat waktu dan dapat berkonsentrasi pada pembelajaran yang rumit. 2) Surah Al-Kahfi ayat 69 dan 70 (sabar dalam belajar), implementasinya seperti sabar dengan kendala masalah susahnya jaringan sinyal, sabar untuk peran orang tua dan guru dalam menghadapi kendala-kendala pada murid dalam membimbing belajar daring. 3) Surah An-Nahl ayat 43 (bertanya kepada orang yang lebih menguasai),  implementasinya seperti etika bertanya belajar daring melalui zoom dan meet dengan etika penggunaan baju yang rapih, menggunakan tombol raise hand sebagai tombol mengangkat tangan, menggunakan Bahasa sopan, baik dan tidak bertele-tele. 4) Surah Al-Mujadalah ayat 11 (berlapang-lapang dalam majlis ilmu), implementasinya seperti berlapang-lapang dalam membantu kesulitan mengakses internet pada proses pembelajaran, dan berlapang-lapang membantu kesulitan terbentur waktu belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-29

Versions

How to Cite

Zulfah, S. A., & Thobroni, A. Y. (2022). ETIKA DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING: Ethics In Learning The Qur’an Perpective And Its Implementation In Online Learning. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 186–196. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/6726