ETIKA DALAM PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING
Ethics In Learning The Qur’an Perpective And Its Implementation In Online Learning


Keywords:
Etika, Pembelajaran, Perspektif Al-qur’an, DaringAbstract
Etika belajar dalam pembelajaran daring perlu diterapkan, selain agar transfer ilmu pengetahuan berlangsung efektif juga ilmu yang dipelajari bermanfaat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika dalam pembelajaran perspektif al-qur’an dan implementasinya dalam pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), serta pengumpulan data ayat-ayat al-qur’an menggunakan metode tafsir maudhu’i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ayat-ayat tentang etika dalam belajar daring yakni: 1) Surah Al-A’raf ayat 29 (ikhlas dalam belajar), implementasinya seperti niat ikhlas belajar daring, ikhlas melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh, sehingga menyerahkan tugas tepat waktu dan dapat berkonsentrasi pada pembelajaran yang rumit. 2) Surah Al-Kahfi ayat 69 dan 70 (sabar dalam belajar), implementasinya seperti sabar dengan kendala masalah susahnya jaringan sinyal, sabar untuk peran orang tua dan guru dalam menghadapi kendala-kendala pada murid dalam membimbing belajar daring. 3) Surah An-Nahl ayat 43 (bertanya kepada orang yang lebih menguasai), implementasinya seperti etika bertanya belajar daring melalui zoom dan meet dengan etika penggunaan baju yang rapih, menggunakan tombol raise hand sebagai tombol mengangkat tangan, menggunakan Bahasa sopan, baik dan tidak bertele-tele. 4) Surah Al-Mujadalah ayat 11 (berlapang-lapang dalam majlis ilmu), implementasinya seperti berlapang-lapang dalam membantu kesulitan mengakses internet pada proses pembelajaran, dan berlapang-lapang membantu kesulitan terbentur waktu belajar.
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-03 (2)
- 2022-12-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.