METODE PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI NILAI PENYUCIAN JIWA DI SMA AL-MUTTAQIN TASIKMALAYA


Keywords:
Metode Pembelajaran PAI, nilai-nilai penyucian Jiwa, capaian pembelajaranAbstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya yang
berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional Indonesia, belum sepenuhnya
tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Hal demikian, didasarkan kepada
pengamatan terhadap metode pembelajaran PAI di SMA Al-Muttaqin, yang masih
konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan praktik. Walaupun metode
pembelajaran sudah bervariasi, namun metode pembelajaran ini belum sepenuhnya bisa
menurunkan pesan-pesan moral secara signifikan dari nilai-nilai spiritual Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran PAI ceramah,
tanya jawab, dan praktik, yang digunakan di SMA Al-Muttaqin, menjadi metode
pembelajaran berbasis nilai-nilai penyucian jiwa dengan pendekatan tasawuf Islam dan
psikologi Islam secara terintegrasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitu
model penelitian yang mengembangkan metode pembelajaran yang sudah ada kepada
metode pembelajaran baru secara sistemik dan terukur. Adapun disiplin ilmu yang
dijadikan basis analisis adalah tasawuf Islam dan psikologi Islam secara terintegrasi.
Kemudian, untuk mempertajam penelitian digunakan juga discourse analysis, yang
menganalisis teks dengan cara menghubungkannya dengan konteks atau fenomena,
sehingga menjadi satu kesatuan teks dan konteks.
Temuan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran PAI di SMA AlMuttaqin
masih
konvensional
yaitu terpaku kepada metode pembelajar ceramah, tanya
jawab, dan praktik. Selain itu, terdapat kesalahpahaman teori yang digunakan yang
terdapat di dalam RPP, yaitu metode pembelajaran praktik hanya dipahami sebatas
mempraktikan materi pembelajaran di ruang belajar. Padahal, hakikat metode
pembelajaran praktik tidak boleh dibatasi di ruang belajar yang sempit. Setelah
dikembangkan kepada metode pembelajaran berbasis nilai-nilai penyucian jiwa, metode
pembelajaran qishah (cerita), al-tarbiyah bi al-ahdats (studi kasus), dan tafakkur
(berpikir) lebih efektif dari pada metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan praktik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.