METODE PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI NILAI PENYUCIAN JIWA DI SMA AL-MUTTAQIN TASIKMALAYA

Authors

  • misbah muhamad Dosen PAI Fakultas Ekonomi Unswagati Cirebon
Statistics: Abstract viewed : 113 times | pdf downloaded : 116 times

Keywords:

Metode Pembelajaran PAI, nilai-nilai penyucian Jiwa, capaian pembelajaran

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Al-Muttaqin Tasikmalaya yang
berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional Indonesia, belum sepenuhnya
tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Hal demikian, didasarkan kepada
pengamatan terhadap metode pembelajaran PAI di SMA Al-Muttaqin, yang masih
konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan praktik. Walaupun metode
pembelajaran sudah bervariasi, namun metode pembelajaran ini belum sepenuhnya bisa
menurunkan pesan-pesan moral secara signifikan dari nilai-nilai spiritual Islam.
 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pembelajaran PAI ceramah,
tanya jawab, dan praktik, yang digunakan di SMA Al-Muttaqin, menjadi metode
pembelajaran berbasis nilai-nilai penyucian jiwa dengan pendekatan tasawuf Islam dan
psikologi Islam secara terintegrasi.
 
Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), yaitu
model penelitian yang mengembangkan metode pembelajaran yang sudah ada kepada
metode pembelajaran baru secara sistemik dan terukur. Adapun disiplin ilmu yang
dijadikan basis analisis adalah tasawuf Islam dan psikologi Islam secara terintegrasi.

Kemudian, untuk mempertajam penelitian digunakan juga discourse analysis, yang
menganalisis teks dengan cara menghubungkannya dengan konteks atau fenomena,
sehingga menjadi satu kesatuan teks dan konteks.
 
Temuan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran PAI di SMA AlMuttaqin
masih
konvensional

yaitu terpaku kepada metode pembelajar ceramah, tanya
jawab, dan praktik. Selain itu, terdapat kesalahpahaman teori yang digunakan yang
terdapat di dalam RPP, yaitu metode pembelajaran praktik hanya dipahami sebatas
mempraktikan materi pembelajaran di ruang belajar. Padahal, hakikat metode
pembelajaran praktik tidak boleh dibatasi di ruang belajar yang sempit. Setelah
dikembangkan kepada metode pembelajaran berbasis nilai-nilai penyucian jiwa, metode
pembelajaran qishah (cerita), al-tarbiyah bi al-ahdats (studi kasus), dan tafakkur
(berpikir) lebih efektif dari pada metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan praktik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-02

How to Cite

muhamad, misbah. (2018). METODE PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI NILAI PENYUCIAN JIWA DI SMA AL-MUTTAQIN TASIKMALAYA. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–12. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/813

Issue

Section

Articles