Filsafat Bahasa dalam Surah al-Fatihah dan Relevansinya Terhadap Konsep Pendidikan Islam Berbasis Tazkiyat al-Nafs
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8238


Keywords:
Filsafat bahasa, Tafsir surah al-Fatihah , Konsep pendidikan , Tazkiyat an-NafsAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan filsafat bahasa dalam tafsir surat al-Fatihah dan relevansinya terhadap konsep pendidikan Islam berbasis tazkiyat al-nafs. Penelitian ini menginvestigasi problem tafsir surat al-Fatihah dalam tafisr Rabbil ‘ālamīn, hingga menarik simpulan yang berbeda dengan tafsir sebelumnya. Penelitian ini berpijak kepada research problem, bagaimana metodologi tafsir surat al-Fatihah yang relevan dengan Rabbil ‘ālamīn sebagai ruh pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tafsir kontekstual yang menginvestigasi surat al-Fatihah dan ayat-ayat lain yang dipahami secara mendasar, dan keterkaitannya dengan data penelitian hingga menjadi pendapat pribadi peneliti. Temuan dari penelitian ini, menjelaskan bahwa surat al-Fatihah adalah abstraksi dari kitab-kitab samawi dan kitab al-Quran. Tafsir al-Fatihah yang relevan dengan tafsir Rabbil ‘ālamīn sebagai ruh pendidikan, menunjukkan bahwa pendidikan Islam bersifat terbuka bagi segenap umat manusia. Relevansi tafsir al-Fatihah dengan konsep pendidikan diwakili oleh filsafat pendidikan tentang alam, kehidupan, dan manusia. Adapun tafsir yang relevan dengan komponen pendidikan adalah tujuan pendidikan, subjek pendidikan, materi dan capaian pembelajaran, serta fasilitas pendidikan. Sementara tazkiyat al-nafs dalam konsep pendidikan berhubungan dengan tauhīd asmā wa shifātihi, tauhid rububiyah dan tauhid uluhiyah, dan ihsān.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.