EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI FISIKA BERDASARKAN TEKNIK UJIAN SECARA OPEN BOOK PADA MAHASISWA PGMI UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN

Authors

  • gut windarsih UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 65 times | pdf downloaded : 174 times

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran, open Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengajaran Fisika
berdasarkan pemberian tes essay dalam pelaksanaan ujian harian secara Open Book
dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting dalam selembar kertas. Penelitian
dilakukan dengan pemberian ujian harian berupa tes essay pada pembelajaran Fisika
mengenai Bab Gerak dan Gaya. Perlakuan yang diberikan berupa teknik pelaksanaan
Open Book pada saat ujian harian yaitu mahasiswa diminta untuk membuat ringkasan
rumus-rumus penting Fisika dalam selembar kertas. Sebagai kontrol, mahasiswa
diminta mengerjakan kembali soal-soal ujian dengan membuka semua bahan
perkuliahan berupa buku, handout, dan akses internet. Data yang diperoleh dari kedua
kelompok, yaitu kelompok perlakuan teknik Open Book dan kelompok kontrol,
selanjutnya dianalisis secara statistik berdasarkan uji-t berpasangan (paired-samples ttest)

dengan Program SPSS 15.0 untuk membandingkan nilai rata-rata dari masingmasing kelompok perlakuan.
Namun, apabila data tidak terdistribusi normal maka uji-t berpasangan
diganti dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
pelaksanaan ujian harian berupa tes esai secara Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting Fisika dalam selembar kertas sebesar, diperoleh nilai rata-rata
sebesar 41,67 (skala 100), lebih rendah dibanding secara Open Book dengan membuka
bahan perkuliahan (buku, handout, akses internet) yaitu sebesar 48,26. Nilai signifikansi
antara pelaksanaan ujian secara Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus
penting Fisika dalam selembar kertas, dan dengan membuka bahan perkuliahan (buku,
handout, akses internet) lebih besar dari 0,05, yaitu sebesar 0,359, artinya tidak terdapat
perbedaan antar kelompok perlakuan. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada
pengaruh teknik Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting dalam
selembar kertas terhadap pembelajaran Fisika yang dilakukan. Dengan demikian,
pelaksanaan ujian harian berupa tes esai secara Open Book dengan membuat ringkasan
rumus-rumus penting pada selembar kertas sudah cukup efektif digunakan sebagai
metode/alat evaluasi pembelajaran Fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-04

How to Cite

windarsih, gut. (2018). EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI FISIKA BERDASARKAN TEKNIK UJIAN SECARA OPEN BOOK PADA MAHASISWA PGMI UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 71–78. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/825

Issue

Section

Articles