EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI FISIKA BERDASARKAN TEKNIK UJIAN SECARA OPEN BOOK PADA MAHASISWA PGMI UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN


Keywords:
Evaluasi, Pembelajaran, open BookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengajaran Fisika
berdasarkan pemberian tes essay dalam pelaksanaan ujian harian secara Open Book
dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting dalam selembar kertas. Penelitian
dilakukan dengan pemberian ujian harian berupa tes essay pada pembelajaran Fisika
mengenai Bab Gerak dan Gaya. Perlakuan yang diberikan berupa teknik pelaksanaan
Open Book pada saat ujian harian yaitu mahasiswa diminta untuk membuat ringkasan
rumus-rumus penting Fisika dalam selembar kertas. Sebagai kontrol, mahasiswa
diminta mengerjakan kembali soal-soal ujian dengan membuka semua bahan
perkuliahan berupa buku, handout, dan akses internet. Data yang diperoleh dari kedua
kelompok, yaitu kelompok perlakuan teknik Open Book dan kelompok kontrol,
selanjutnya dianalisis secara statistik berdasarkan uji-t berpasangan (paired-samples ttest)
dengan Program SPSS 15.0 untuk membandingkan nilai rata-rata dari masingmasing kelompok perlakuan.
Namun, apabila data tidak terdistribusi normal maka uji-t berpasangan
diganti dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
pelaksanaan ujian harian berupa tes esai secara Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting Fisika dalam selembar kertas sebesar, diperoleh nilai rata-rata
sebesar 41,67 (skala 100), lebih rendah dibanding secara Open Book dengan membuka
bahan perkuliahan (buku, handout, akses internet) yaitu sebesar 48,26. Nilai signifikansi
antara pelaksanaan ujian secara Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus
penting Fisika dalam selembar kertas, dan dengan membuka bahan perkuliahan (buku,
handout, akses internet) lebih besar dari 0,05, yaitu sebesar 0,359, artinya tidak terdapat
perbedaan antar kelompok perlakuan. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada
pengaruh teknik Open Book dengan membuat ringkasan rumus-rumus penting dalam
selembar kertas terhadap pembelajaran Fisika yang dilakukan. Dengan demikian,
pelaksanaan ujian harian berupa tes esai secara Open Book dengan membuat ringkasan
rumus-rumus penting pada selembar kertas sudah cukup efektif digunakan sebagai
metode/alat evaluasi pembelajaran Fisika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.