PENGARUH PLANE PLAYING LEARNING MODEL (MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PESAWAT TERBANG) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi)

Authors

  • jusaini, Asep Irfan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 95 times | pdf downloaded : 121 times

Keywords:

Metode, model, pembelajaran, plan playing laearning

Abstract

Pengaruh Playing Plane Learning Model (Model Pembelajaran Bermain Pesawat
Terbang) dan Disiplin belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi
Eksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Perbedaan hasil belajar antara kelompok
siswa yang belajar dengan Playing Plane Learning Model dan Metode Ceramah pada
pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi; 2)
Pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan disiplin belajar terhadap
hasil belajar pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V
Kota Bekasi; 3) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran siswa yang memiliki
disiplin belajar tinggi pada kelompok Playing Plane Learning Model dan Metode
Ceramah pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota
Bekasi; 4) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran siswa yang memiliki disiplin
belajar rendah Menggunakan Playing Plane Learning Model dan  Metode Ceramah
pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2
dengan sampel penelitian diambil menggunakan teknik Multistage Randaom Sampling
dari populasi terjangkau 100 siswa didapatkan sampel 78 siswa yang tersebar pada dua
kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol dengan
masing - masing kelas 39 siswa, dimana kelas disiplin belajar tinggi dan rendah diambil
27% dari skor tertinggi dan 27% dari skor terendah, maka pada kelas eksperimen
didapatkan 11 siswa dengan disiplin belajar tinggi dan 11 siswa dengan disiplin belajar
rendah dan pada kelas control didapatkan 11 siswa dengan disiplin belajar tinggi dan 11
siswa dengan disiplin belajar rendah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan rata
– rata hasil belajar yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model dan
Metode Ceramah (α 0.048<0.05), dimana rata – rata hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model (  72.51) lebih
tinggi dari pada rata – rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang
dibelajarkan dengan Metode Ceramah ( ); 2) Secara keseluruhan terdapat pengaruh
interaksi antara model pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar
Pendidikan Agama Islam (α 0.034<0.05); 3) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model memiliki disiplin
belajar tinggi lebih baik daripada yang siswa yang dibelajarkan dengan Metode Ceramah memiliki disiplin belajar tinggi (α 0.021<0.05) dimana Playing Plane
Learning Model disiplin belajar tinggi memiliki  87.73 Metode Ceramah disiplin
belajar tinggi memiliki  80.00 dan; 4) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa
yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model memiliki disiplin belajar
rendah lebih rendah daripada yang siswa yang dibelajarkan dengan Metode Ceramah
memiliki disiplin belajar rendah (α 0.137>0.05) dimana Playing Plane Learning Model
disiplin belajar rendah memiliki  60.82 Metode Ceramah disiplin belajar rendah
memiliki  69.09.
Berdasarkan penelitian ini, bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas V
SDN Mustikajaya V dapat ditingkatkan melalui penggunaan Plane Playing Learning model yang sesuai dengan disiplin belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-04

How to Cite

Asep Irfan, jusaini,. (2018). PENGARUH PLANE PLAYING LEARNING MODEL (MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PESAWAT TERBANG) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 79–96. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/828

Issue

Section

Articles