PENGARUH PLANE PLAYING LEARNING MODEL (MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PESAWAT TERBANG) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Eksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi)


Keywords:
Metode, model, pembelajaran, plan playing laearningAbstract
Pengaruh Playing Plane Learning Model (Model Pembelajaran Bermain Pesawat
Terbang) dan Disiplin belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi
Eksperimen di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Perbedaan hasil belajar antara kelompok
siswa yang belajar dengan Playing Plane Learning Model dan Metode Ceramah pada
pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi; 2)
Pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan disiplin belajar terhadap
hasil belajar pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V
Kota Bekasi; 3) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran siswa yang memiliki
disiplin belajar tinggi pada kelompok Playing Plane Learning Model dan Metode
Ceramah pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota
Bekasi; 4) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran siswa yang memiliki disiplin
belajar rendah Menggunakan Playing Plane Learning Model dan Metode Ceramah
pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SDN Mustikajaya V Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan factorial 2x2
dengan sampel penelitian diambil menggunakan teknik Multistage Randaom Sampling
dari populasi terjangkau 100 siswa didapatkan sampel 78 siswa yang tersebar pada dua
kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol dengan
masing - masing kelas 39 siswa, dimana kelas disiplin belajar tinggi dan rendah diambil
27% dari skor tertinggi dan 27% dari skor terendah, maka pada kelas eksperimen
didapatkan 11 siswa dengan disiplin belajar tinggi dan 11 siswa dengan disiplin belajar
rendah dan pada kelas control didapatkan 11 siswa dengan disiplin belajar tinggi dan 11
siswa dengan disiplin belajar rendah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Secara keseluruhan, terdapat perbedaan rata
– rata hasil belajar yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model dan
Metode Ceramah (α 0.048<0.05), dimana rata – rata hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model ( 72.51) lebih
tinggi dari pada rata – rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang
dibelajarkan dengan Metode Ceramah ( ); 2) Secara keseluruhan terdapat pengaruh
interaksi antara model pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar
Pendidikan Agama Islam (α 0.034<0.05); 3) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model memiliki disiplin
belajar tinggi lebih baik daripada yang siswa yang dibelajarkan dengan Metode Ceramah memiliki disiplin belajar tinggi (α 0.021<0.05) dimana Playing Plane
Learning Model disiplin belajar tinggi memiliki 87.73 Metode Ceramah disiplin
belajar tinggi memiliki 80.00 dan; 4) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa
yang dibelajarkan dengan Playing Plane Learning Model memiliki disiplin belajar
rendah lebih rendah daripada yang siswa yang dibelajarkan dengan Metode Ceramah
memiliki disiplin belajar rendah (α 0.137>0.05) dimana Playing Plane Learning Model
disiplin belajar rendah memiliki 60.82 Metode Ceramah disiplin belajar rendah
memiliki 69.09.
Berdasarkan penelitian ini, bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas V
SDN Mustikajaya V dapat ditingkatkan melalui penggunaan Plane Playing Learning model yang sesuai dengan disiplin belajar siswa
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.