PEMBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH UNTUK MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA SMPN 10 KOTA CILEGON

Authors

  • sulaeman UIN SMHB BANTEN
  • Eneng Muslihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hunainah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9317
Statistics: Abstract viewed : 296 times | pdf downloaded : 327 times

Keywords:

Pembiasaan, Shalat Berjama’ah, Kedisiplinan

Abstract

Salah satu ibadah yang tidak boleh ditinggalkan oleh manusia adalah shalat. SMPN 10 Kota Cilegon merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memperhatikan nilai-nilai keagamaan dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini : 1) untuk mengetahui pembiasaan shalat dhuhur berjamaah di SMPN 10 Kota Cilegon. 2) untuk mengetahui kendala atau hambatan pembiasaan shalat Dhuhur berjamaah SMPN 10 Kota Cilegon.  3) Untuk mengetahui pembiasaan shalat Dhuhur berjamaah dalam peningkatan kedisiplinan siswa SMPN 10 Kota Cilegon. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualiatif. Penulis melakukan penelitian dengan cara terjun ke lapangan (Field Research) yaitu di SMPN 10 Kota Cilegon. Kemudian data yang didapat di lapangan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Data yang didapat di lapangan adalah data dari hasil wawancara, observasi, dan dokomentasi di lapangan. Hasil penelitian sebagai berikut : 1). Tujuan dilaksanakan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah adalah supaya siswa terbiasa shalat tepat waktu, kemudian diharapkan pula siswa dapat menghargai waktu, yaitu setiap masuk waktu shalat maka siswa langsung mengerjakan shalat. Realisasi pembiasaan shalat dhuhur berjamaah sudah bagus, sebagian besar siswa  sudah melaksanakan shalat dhuhur berjamaah tepat waktu. Ada beberapakebijakan terhadap siswa jika tidak melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, salah satunya berkurangnya nilai pelajaran agama. Dan bagi siswa yang selalu shalat berjamaah tepat waktu juga diberikan nilai tambah pada mata pelajaran agama. 2). Terdapat beberapa kendala dalam pembiasaan shalat dhuhur berjamaah, seperti mushalla yang kurang memadai, guru yang acuh, dan siswa yang menunda-nunda melaksanakan shalat sehingga mempengaruhi siswa yang lain.3). Terdapat pengaruh dari shalat dhuhur berjamaah terhadap peningkatan kedisiplinan siswa di SMPN 10 Cilegon, kebanyakan siswa berubah lebih baik setelah adanya pembiasaan shalat dhuhur berjamaah, dan siswa-siswa tersebut mendapat pembelajaran dari shalat dhuhur berjamaah, salah satunya berpengaruh terhadap kedisiplinan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

sulaeman, Muslihah , E. ., & Hunainah. (2023). PEMBIASAAN SHALAT DHUHUR BERJAMAAH UNTUK MENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA SMPN 10 KOTA CILEGON. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 195–208. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9317