LIVING AL-QURAN DAN HADITS DI ERA DIGITAL: PEMANFAATAN BELAJAR TAFSIR ONLINE UNTUK GENERASI MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9948


Keywords:
Living Al-Quran, Tafsir Milenial, Kesehatan MentalAbstract
Metode pembelajaran agama di era digital kian bervariasi termasuk pola pembelajaran Al-Quran dan Tafsir. Berdasarkan hasil riset pada mahasiswa Prgram studi Pendidikan Agama Islam UIN SMH Banten, lebih dari 60% mahasiswa merasa sulit memahami ayat suci Al-Quran dengan metode satu arah/ ceramah. Karenanya, pola pembelajaran tafsir tematik melalui platform zoom yang digagas komunitas mengaji @kelaspintarmengaji.id menjadi media belajar alternatif bagi kalangan milenial. Pembelajaran tafsir ini memfokuskan pada tinjauan kajian tafsir tematik dan surah pilihan, sehingga memudahkan anak muda memaknai ayat suci Al-Quran. Metode yang digunakan dalam riset ini ialah deskriptif kualitatif. Peneliti menguraikan hasil persepsi mahasiswa tentang kesulitan belajar tafsir dan menginisiasi kelas tafsir digital dengan tema yang banyak dipilih. Dari hasil penelitian, tergambar bahwa mahasiswa tertarik dengan pola pembelajaran tafsir online dengan metode diskusi dua arah, paparan materi dengan aplikasi digital. Sebanyak lebih dari 40% mahasiswa tertarik mengkaji isu kesehatan mental dalam perspektif Al-Quran karena dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.