Hubungan Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nafia Wafiqni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Safa Amalia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Iva Sarifah UNJ
  • Nurjanah UNJ

DOI:

https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.7829

Keywords:

Learning Activity, Learning Environtment, Learning Motivation

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh siswa. Motivasi belajar berperan dalam mendorong siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, motivasi belajar dapat membuat siswa menampakkan minat, perhatian, konsentrasi penuh, ketekunan tinggi serta berorientasi pada prestasi tanpa mengenal lelah dalam kegiatan pembelajaran. Untuk memunculkan motivasi belajar perlu adanya dukungan dari lingkungan belajar. Lingkungan belajar dengan motivasi belajar merupakan kedua faktor yang saling melengkapi dalam mencapai keberhasilan sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SDN Pondok Kacang Timur 03 dengan subjek penelitiannya yaitu kelas V sebanyak 46 siswa yang dipilih dengan metode simple random sampling. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah instrumen berupa angket lingkungan belajar dan angket motivasi belajar. Hasil yang didapatkan penelitian ini adalah tedapat hubungan positif antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi (rhitung) sebesar 0,689 dan termasuk ke dalam hubungan dengan kategori yang cukup atau sedang. Adapun konstribusi lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 47,47% dan sisanya sebesar 52,53% dipengaruhi oleh faktor lain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Nafia Wafiqni, Safa Amalia, Iva Sarifah, & Nurjanah. (2023). Hubungan Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 69–82. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.7829