Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Local Wisdom Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.32678/ibtidai.v10i1.8362Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Local Wisdom Education, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis local wisdom education utnuk meningkatkan hasil belajar siswa pada team 6 kelas III MI Mafatihul Akhlaq Jepara pada tema 6 “Energi dan Perubahannya” Penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi pada siswa kelas III sebanyak 22 siswa. selanjutnya data-data tersebut akan ujikan pada beberapa uji analisis data, yaitu uji normalitas, homogenitas, uji N-gain, dan uji hipotesisis. Setelah diujikan dengan bantuan SPSS versi 23 didapatkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini yang sudah diimplementasikan mulai dari kegiatan pendahuluan, inti yang terdiri dari enam sintaks yakni orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji dan menarik kesimpulan, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. Penggunaan model ini mamp meningkatkan hasil belaajr siswa secara signifikan, hal itu dapat dilihat dari pengujian N-gain diperoleh rata-rata kelas sebesar 0,54 (kategori sedang), sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t-tabel didapatkan bahwa nilai thitung<ttabel = 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis local wisdom education mengalami peningkatan yang sinifikan pada hasil pretest dan posttest pada siswa kelas III MI Mafatihul Akhlaq.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Local Wisdom Education, Hasil Belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 eka Miftakhussa'adah, Eva Luthfi Fakhru Ahsani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IBTIDA'I JURNAL: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ibtidai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.