https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/issue/feedIbtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar2025-06-27T09:25:31+07:00Fithri Meiliawatiibtidai@uinbanten.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> is a national, open access, and peer-reviewed journal that focuses on students' research result on elementary education, investigate the dynamics of students learning at elementary education/elementary school, and the development of teaching at elementary education. The focus and scope of Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar can be found in detail on the Focus and Scope Menu. <br /><br /><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Published biannually in June and December and already have a registration number p-ISSN : <a title="ISSN Portal (print)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2407-3571" target="_blank" rel="noopener">2407-3571</a> and e-ISSN : <a title="ISSN Portal (Online)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2654-4245" target="_blank" rel="noopener">2654-4245</a> issued by the International Standard Serial Number (ISSN) International Centre. <br /><br /><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> has been accredited by the National Journal Accreditation (ARJUNA) and Managed by the <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7236">Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic Indonesia</a> with Fifth Grade (Peringkat 5, Sinta 5) since the year 2018 according to the <a href="https://drive.google.com/file/d/1QHmOZg3s2CkL7VIXsm8aMPE1hIgsOw-H/view">decree No. 200/M/KPT/2020.</a></p> <p><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> has been indexed by <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7236">SINTA 5</a>, Google Scholar, PKP Index, GARUDA, and Moraref. Please read the author's guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscripts should along with the writing guidelines. Our editorial board will process your submitted manuscript for further review unless it is not appropriate with the guidelines or written in a different format. The editors will only accept manuscripts which meet the scope and are written in the assigned format</p>https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10419Metode Bernyanyi dalam Menghafal Asmaul Husna pada Siswa Tunagrahita2024-09-08T14:34:02+07:00Siti Aelinannaa.staelina932@gmail.comHabudin Habudinhabudin@uinbanten.ac.idPurnama Rika Perdanapurnama.rikaperdana@uinbanten.ac.id<p>Penelitian terkait penggunaan metode bernyanyi pada anak tunagrahita masih jarang, padahal wilayah penelitian tersebut masih sangat luas dan menarik untuk dikaji, terlebih pada era pendidikan saat ini. Tulisan ini merupakan paparan hasil riset penerapan metode bernyanyi dalam menghafal asmaul husna dengan siswa tunagrahita sebagai subjeknya. Lokus penelitian ini berada di salah satu sekolah khusus (SKh) yang berlokasi di Pandeglang, Banten. Peneliti menemukan adanya kesulitan pada anak tunagrahita dalam mempelajari Asmaul Husna, terutama jika mereka belajar dengan menggunakan metode hapalan. Peneliti berasumsi bahwa menghapal dengan cara bernyanyi merupakan salah satu cara yang dapat mempermudah siswa tunagrahita dalam belajar Asmaul Husna. Pemilihan metode bernyanyi untuk pembiaasan hafalan Asmaul Husna ini bertujuan meningkatkan jumlah hafalan asmaul husna pada siswa tunagrahita. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif <em>pre-experimen</em><em>tal design one group</em> <em>pretest</em>-<em>post</em><em>test</em> pada 10 orang siswa tunagrahita di SkH tersebut. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hafalan Asmaul Husna dengan perhitungan menggunakan rumus Uji T <em>Paired Samples Test</em>, diperoleh nilai 9,957 dengan t table 1,833, atau t hitung > t tabel. Di samping itu, perbandingan hasil data pretest (8,1) dan data postest (43,1) menunjukkan jumlah yang meningkat. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan metode bernyanyi dalam menghafal Asmaul Husna pada siswa tunagrahita.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Siti Aelina, Habudin, Purnama Rika Perdanahttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10442Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar2025-05-18T06:00:53+07:00Atik Hidayah Febrianiah.febriani@unisla.ac.idSilviana Nur Faizahsilviana_nurfaizah@unisa.ac.id<p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan dari penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Self Orgaized Learning Environment</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Assa'adah Mloko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">one group pretest posttest design</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket kemandirian belajar. Penelitian dilakukan di kelas V MI Ass'adah Mloko dengan jumlah responden sebanyak 21 siswa. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis data dengan menggunakan uji </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Paired Sample T Test.</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Self Organized Learning Environment</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (SOLE) terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Assa'adah Mloko.</span></span></span></span></p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Atik Hidayah Febriani, Silviana Nur Faizahhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11513Implementasi Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MIN 1 Jombang2025-05-27T22:08:29+07:00Binta Nabilatul Hamamahbintanabilatul@mhs.unhasy.ac.idAli Mahsunali.mahsun09@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi program perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MIN 1 Jombang. Permasalahan rendahnya budaya literasi di lingkungan sekolah dasar menjadi latar belakang utama, dengan perpustakaan dipandang sebagai pusat literasi yang strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan secara tematik dengan pendekatan Miles dan Huberman, melalui tahap reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kerangka teori implementasi kebijakan dari George C. Edwards III digunakan sebagai landasan analitis untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan program, termasuk komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan disposisi pelaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kepala madrasah, guru, dan pustakawan berperan penting dalam efektivitas pelaksanaan program. Kolaborasi antar aktor serta dukungan lingkungan sekolah menjadi faktor pendorong keberhasilan, meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan koleksi dan ruang baca. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap penguatan literasi madrasah berbasis partisipasi dan kebijakan internal kelembagaan</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Binta Nabilatul Hamamah, Ali Mahsunhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11367Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar2025-05-18T14:59:01+07:00M. Wafa Kusumawafa789wafa@gmail.comTiara Nuramaliatiaranuramalia4@gmail.comTiara Qurotul Aintiaraqurotulain4@gmail.comYadi Heryadiheryadi.yadi07@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pandangan siswa mengenai pemanfaatan media video pembelajaran animasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran konsep energi dan perubahannya di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang bersifat tidak konkret energi dan perubahannya akibat metode pembelajaran yang kurang menarik dan minim visualisasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, melibatkan 30 siswa dan guru kelas V di SDN 1 Citeras. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran animasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa, motivasi belajar, serta pemahaman konsep energi. Sebanyak 80% siswa dapat menjelaskan perubahan energi dengan benar setelah pembelajaran. Guru juga merasakan kemudahan Untuk menyampaikan isi pelajaran dengan cara yang lebih tepat guna dan hemat waktu. Media ini dinilai sangat menarik oleh siswa dan mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Temuan ini menunjukkan bahwa video animasi memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep-konsep abstrak di tingkat sekolah dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini mengarah pada perlunya integrasi media animasi secara lebih sistematis dalam kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan menyediakan pelatihan bagi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran visual, serta mendukung pengembangan Alat bantu belajar yang selaras dengan konteks kehidupan siswa serta sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 M. Wafa Kusuma, Tiara Nuramalia, Tiara Qurotul Ain, Yadi Heryadihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11533Dampak Penggunaan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika: Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar2025-05-30T22:21:05+07:00Sayyid Aufas.a.hudlori@gmail.comIsmatullah Ismatullahismatnawas@gmail.comPopi Dayurnipopi.unp@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan waktu di kelas III SD IT Tamaddun Kota Cilegon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika, yang antara lain disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kognitif anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimental dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang masing-masing berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (<em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint interaktif memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Temuan ini juga menggarisbawahi pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran digital yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi, guna menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, partisipatif, dan bermakna di jenjang pendidikan dasar.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Sayyid Aufa, Ismatullah, Popi Dayurnihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11397Buku Cerita Bergambar sebagai Media untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Sekolah Dasar2025-05-18T06:19:49+07:00Ely Musripah Hasibuanelymusripahasibuan@gmail.comAnas Salahuddinanassalahudin@gmail.comInne Marthyane Pratiwiinne.mp@uinsgd.ac.id<p>Keterampilan membaca nyaring merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Keterampilan ini meliputi pelafalan, intonasi, ekspresi, serta ketepatan pengucapan yang berkontribusi pada pemahaman isi bacaan. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan, yang berdampak pada rendahnya kepercayaan diri saat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan buku cerita bergambar dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin, dengan subjek siswa kelas II SD Negeri 102 Cikudayasa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan bertahap pada keterampilan membaca nyaring siswa, dari nilai rata-rata 49,03 (pra-siklus) menjadi 74,67 (siklus III), dengan ketuntasan klasikal meningkat dari 26,92% menjadi 80,76%. Peningkatan tersebut mencerminkan efektivitas media buku cerita bergambar dalam membantu siswa memahami teks, menyesuaikan intonasi dan ekspresi, serta membangun kepercayaan diri dalam membaca. Oleh karena itu, buku cerita bergambar dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring di sekolah dasar.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ely Musripah Hasibuan, Anas Salahuddin, Inne Marthyane Pratiwihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11522Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas II SD Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) dengan Konteks Budaya Kabupaten Ogan Ilir2025-05-27T23:14:23+07:00Zahra Salsabila Putrizahrasp09@gmail.comJayanti Jayantijayanti2hr@gmail.comNora Surmilasarinorasurmilasari@univpgri-palembang.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan <em>Realistic Mathematics Education</em> (RME) dengan mengintegrasikan kearifan budaya lokal dari Kabupaten Ogan Ilir pada topik bangun datar dua dimensi untuk siswa kelas II sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Research and Development</em> (R&D), dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi dilakukan oleh para ahli di bidang media, materi, dan bahasa. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil validasi ahli, uji coba pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh skor validitas sebesar 95,8%, yang dikategorikan sangat valid. Penilaian kepraktisan memperoleh skor sebesar 94% pada uji coba individual (<em>one-to-one</em>) dan 99% pada uji kelompok kecil, keduanya dikategorikan sangat praktis. Efektivitas bahan ajar yang diukur melalui hasil belajar siswa mencapai 94,1%, yang menunjukkan tingkat efektivitas yang sangat tinggi. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa integrasi konteks budaya lokal ke dalam bahan ajar berbasis RME dapat meningkatkan keterlibatan siswa, semangat, dan kesenangan dalam belajar matematika.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Zahra Salsabila Putri, Jayanti, Nora Surmilasarihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11439Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar2025-05-18T17:11:30+07:00Firna Rahma Fitrianifirnarahmaff1112@gmail.comAceng Jaelaniacengjaelani@syekhnurjati.ac.idMisbah Binasdevimisbahbdv@uinssc.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran RADEC (<em>Read</em>, <em>Answer</em>, <em>Discuss</em>, <em>Explain</em>, <em>Create</em>) sebagai upaya meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MIN 1 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap utama, yaitu <em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em>, dan <em>Evaluation</em>. Temuan awal menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kolaborasi siswa berada pada angka rata-rata 41%, yang mencerminkan rendahnya kebiasaan bekerja sama secara optimal dalam kelompok. Kemampuan kolaborasi dievaluasi melalui empat indikator utama: kerja sama, saling menghargai, partisipasi aktif, dan komunikasi efektif. Proses validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang tinggi, dengan skor validasi materi sebesar 90% dan validasi media mencapai 95%. Implementasi LKPD berbasis RADEC dalam pembelajaran menunjukkan efektivitas yang signifikan, dengan peningkatan rata-rata capaian kemampuan kolaborasi siswa menjadi 91%. Peningkatan ini mencerminkan perbaikan yang nyata dalam aspek kerja tim, penghargaan terhadap pendapat anggota kelompok, partisipasi aktif, serta interaksi yang produktif antar siswa. Dengan demikian, LKPD berbasis model RADEC layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran inovatif yang mendukung penguatan keterampilan kolaboratif siswa dalam menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Firna Rahma Fitriani, Aceng Jaelani, Misbah Binasdevihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11563Pengembangan Media Pembelajaran Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar2025-06-05T16:38:44+07:00Leni Sufi Hidayantisufihidayantileni@gmail.comAchmad Wahidyachmadwahidy@gmail.comEndie Riyokoendieriyoko@univpgri-palembang.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android dengan integrasi <em>platform</em> <em>Wordwall</em> guna meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media interaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli materi dan media, kemudian diujicobakan pada siswa Kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria kelayakan isi dan kepraktisan penggunaan. Implementasi media dalam pembelajaran juga menunjukkan peningkatan minat belajar serta pemahaman konsep matematika siswa secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis Android dengan integrasi <em>Wordwall</em> dapat menjadi alternatif inovatif yang mendukung proses pembelajaran matematika secara lebih menarik, partisipatif, dan bermakna di tingkat sekolah dasar.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Leni Sufi Hidayanti, Achmad Wahidy, Endie Riyokohttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11477Implementasi Konsep CILUKBA dalam Kurikulum Merdeka untuk Generasi Emas: Sebuah Tinjauan Literatur2025-05-19T00:25:16+07:00Choirul Anwarirulanwar07gl@gmail.comMuhammad Syahrul Muharrammuharromsyahrul37@gmail.comSiti Mukholifahmukholifahh123@gmail.comMaimanatul Munamunamaima123@gmail.comMuhamad Hani Yusufmuhamadhaniyusuf@gmail.comMuhammad Syaiful Munirmunirsyaifulmuh@gmail.com<p>Transformasi pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka menjadi respons strategis terhadap tantangan global abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi konsep CILUKBA <em>(Collaboration, Innovative Learning Environment, Literacy, Unlock Potential, Knowledge Integration, Brainstorming, Adaptability)</em> sebagai pendekatan strategis dalam memperkuat pelaksanaan Kurikulum Merdeka guna mewujudkan visi Generasi Emas 2045. Penelitian menggunakan metode <em>literature review</em> dengan menganalisis 12 artikel ilmiah yang relevan, terbit antara tahun 2021–2025. Data dianalisis dengan pendekatan <em>content analysis</em> untuk mengidentifikasi kontribusi tiap aspek CILUKBA dalam konteks pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa konsep CILUKBA efektif meningkatkan partisipasi aktif peserta didik, kreativitas, serta keterampilan berpikir kritis. Selain itu, peningkatan kompetensi guru dan pembelajaran yang bersifat adaptif menjadi faktor penentu keberhasilan implementasi. Namun demikian, terdapat kendala pada kesiapan guru dan keterbatasan infrastruktur di daerah tertentu. Simpulan dari studi ini menunjukkan bahwa CILUKBA dapat menjadi kerangka konseptual yang transformatif, namun memerlukan dukungan sistemis dan kontekstual untuk diimplementasikan secara merata.</p>2025-06-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Choirul Anwar, Muhammad Syahrul Muharram, Siti Mukholifah, Maimanatul Muna, Muhamad Hani Yusuf, Muhammad Syaiful Munir