https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/issue/feed Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar 2024-06-28T00:00:00+07:00 Fithri Meiliawati ibtidai@ftk.uinbanten.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> is a national, open access, and peer-reviewed journal that focuses on students' research result on elementary education, investigate the dynamics of students learning at elementary education/elementary school, and the development of teaching at elementary education. The focus and scope of Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar can be found in detail on the Focus and Scope Menu. <br /><br /><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Published biannually in June and December and already have a registration number p-ISSN : <a title="ISSN Portal (print)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2407-3571" target="_blank" rel="noopener">2407-3571</a> and e-ISSN : <a title="ISSN Portal (Online)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2654-4245" target="_blank" rel="noopener">2654-4245</a> issued by the International Standard Serial Number (ISSN) International Centre. <br /><br /><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> has been accredited by the National Journal Accreditation (ARJUNA) and Managed by the <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7236">Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic Indonesia</a> with Fifth Grade (Peringkat 5, Sinta 5) since the year 2018 according to the <a href="https://drive.google.com/file/d/1QHmOZg3s2CkL7VIXsm8aMPE1hIgsOw-H/view">decree No. 200/M/KPT/2020.</a></p> <p><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> has been indexed by <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7236">SINTA 5</a>, Google Scholar, PKP Index, GARUDA, and Moraref. Please read the author's guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscripts should along with the writing guidelines. Our editorial board will process your submitted manuscript for further review unless it is not appropriate with the guidelines or written in a different format. The editors will only accept manuscripts which meet the scope and are written in the assigned format</p> https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10015 Buku Saku Pintar sebagai Media Pengenalan Bahasa Isyarat untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Siswa Tunarungu Jenjang SDLB 2024-05-21T11:04:47+07:00 Muchamad Aditiya Subagja aadit197gg@gmail.com Purnama Rika Perdana purnama.rikaperdana@uinbanten.ac.id Habudin Habudin habudin@uinbanten.ac.id Irma Azizatul Isnaini irmaazizah099@gmail.com Hamim Huda hamimhuda371@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Buku Saku Pintar untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata siswa tunarungu serta mengetahui kelayakan dan efektifitasnya. Penelitian ini dilakukan di SKh Mathla’ul Anwar Menes jenjang SDLB dengan&nbsp;melibatkan 7 siswa tunarungu dan seorang guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau <em>research and development</em>&nbsp;(R&amp;D), menggunakan model ADDIE<em>.</em>&nbsp;Pada tahap analisis, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Tahap desain menghasilkan rancangan media Buku Saku Pintar. Tahap&nbsp;Pengembangan&nbsp;dilaksanakan melalui validasi kepada tiga validator. Tahap Implementasi&nbsp;dilakukan denggan memberikan soal <em>pretest</em>&nbsp;dan<em>&nbsp;posttes </em>kepada siswa tunarungu. Tahap Evaluasi&nbsp;menghasilkan penilaian setelah uji coba. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator ahli media&nbsp;sebesar&nbsp;90% atau “Sangat Layak”, ahli materi sebesar 94% atau “Sangat Layak” dan ahli bahasa sebesar 100% atau “Sangat Layak”. Hasil uji coba produk kepada siswa tunarungu untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan melalui <em>pretest </em>dan <em>posttest </em>mendapatkan skor n-<em>gain </em>0,86 “Tinggi” dengan persentase 86% “Efektif”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Buku Saku Pintar layak dan efektif untuk digunakan serta dapat meningkatkan perbendaaraan kosakata siswa tunarungu jenjang SDLB di SKh Mathla’ul Anwar Menes, Pandeglang-Banten.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong> Bahasa Isyarat, Buku Saku Pintar, Media Pembelajaran,&nbsp;Siswa Tunarungu.&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Muchamad Aditiya Subagja, Purnama Rika Perdana, Habudin, Irma Azizatul Isnaini https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10068 Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar 2024-06-03T08:25:51+07:00 Jaka Arlistiyanta gusfanristianto@gmail.com Mira Azizah miraazizah@upgris.ac.id Paryati Paryati cp.paryati@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah Integrasi Dimensi Berkebinekaan Global P5 Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Seni Tari Di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengintegrasian nilai-nilai profil pelajar pancasila berkebinekaan global dapat diterapkan peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang sesuai dengan profil pelajar pancasila Metode Kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dan wawancara. Tempat penelitian yaitu SDN Pandeanlamper 01 Semarang dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas IV - VI SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Adapun teknik pengumpulan data kualiatatif mengambil teori (Faiz &amp; Soleh, 2021 Sugiyono, 2015).&nbsp; Hal tersebut sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilaksanakan melibatkan guru serta telah sesuai dengan hasil observasi wawancara dan survei telah terdokumentasi dengan baik serta telah terlaksana. Pendidikan karakter melalui aspek-aspek profil pelajar Pancasila dirancang untuk pelajar dengan enam sikap yaitu yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.</p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jaka Arlistiyanta, Mira Azizah, Paryati https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/9955 Analisis Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah 2024-05-31T07:38:10+07:00 Munawir Munawir munawir@uinsa.ac.id Kiki Nadhifatul Ismiyah 06020722040@student.uinsby.ac.id Mochammad Bachruddin 06020722048@student.uinsby.ac.id <p>Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, yang menjadi bagian integral dari pendidikan agama. Namun, hasil pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah seringkali tidak dengan harapan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ini yang relatif rendah dibandingkan dengan mata pelajaran pendidikan agama Islam lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi dalam pembelajaran mata pelajaran ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai problematika dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan internal dan eksternal, manajemen waktu, fasilitas, dan lain-lain</p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Munawir, Kiki Nadhifatul Ismiyah, Mochammad Bachruddin https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/9861 Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV Sekolah Dasar 2024-06-08T11:58:19+07:00 Dewi Nurhayati dewinurhayati@ummi.ac.id Astri Sutisnawati astrisutisnawati@ummi.ac.id Luthfi Hamdani Maula luthfihamdani@ummi.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Pembelajaran berdiferensiasi ialah pembelajaran yang menerima serta mengakui dengan adanya kesiapan, minat, serta preferensi belajar sehingga terjadilah keberagaman belajar siswa. Pembelajaran yang dibedakan adalah pendekatan yang sadar bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan serta kebutuhan yang berbeda-beda. Tujuan Kurikulum Merdeka adalah menyediakan pembelajaran yang berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, juga dikenal sebagai pembelajaran berdiferensiasi. Oleh karena itu, pembelajaran bagi peserta didik sangat penting selama pelaksanaannya. Tujuan dilakukannya pendekatan berdiferensiasi agar siswa menerima pendekatan yang sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan siswa untuk memaksimalkan potensi serta memiliki motivasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode pembelajaran yang memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan unik setiap siswa di kelas. Dalam praktiknya, guru akan memberikan materi dan aktivitas yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan gaya belajar masing-masing siswa. Ada tiga jenis pembelajaran berdiferensiasi di kelas: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa memiliki banyak pilihan berbeda untuk materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan metode studi kualitatif dengan studi kasus dan bersifat deskriptif yang memiliki tujuan untuk menganalisis tahapan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian tentang pembelajaran berdiferensiasi juga menjawab beragamnya kebutuhan serta gaya belajar siswa. Pembelajaran diferensiasi dapat diterapkan secara optimal di sekolah dan di kelas jika didukung oleh budaya yang mendukung</span></p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Dewi Nurhayati, Astri Sutisnawati, Luthfi Hamdani Maula https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10247 Audio-Visual Media to Enhance Learning Motivation in Indonesian Language Subject for the 3rd-Grade of Islamic Elementary School 2024-06-15T08:05:35+07:00 Fina Zainur Rohmah fina.zain@gmail.com Rohmat Dwi Yunianta rohmat.dwiyun@gmail.com Ahmad Shofiyuddin Ichsan ahmad.shofiyuddin.ichsan@gmail.com <p><em>One significant reason for the low motivation among students is the lack of creative media in the learning process. This study aims to investigate the effectiveness of audio-visual media in enhancing learning motivation in the Indonesian language subject for Grade III at Madrasah Ibtidaiyah. This field research, conducted at Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’had An Nur Bantul, employs a descriptive qualitative approach with data collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis follows the Miles and Huberman model, involving data reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification, with source triangulation ensuring data validity. The study's findings include the implementation of contextual teaching methods, delivery of Indonesian language material using concrete objects aided by audio-visual media, and positive student responses to these methods. The application of contextual teaching in the Indonesian language subject for Grade III led to students discovering the meaning of learning through direct experiences, becoming more active in learning, and showing significant development in literacy skills. This study underscores the importance of incorporating creative media, particularly audio-visual aids, to enhance student motivation and engagement in the learning process</em></p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Fina Zainur Rohmah, Rohmat Dwi Yunianta, Ahmad Shofiyuddin Ichsan https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10246 Pengaruh Model Predict Observe and Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah 2024-06-14T18:16:23+07:00 Tevia Anggraeni anggraenitevia02@gmail.com Hilman Mangkuwibawa himanmangkuwibawa@uinsgd.ac.id Alvin Yanuar Rahman alvinyanuar@uinsgd.ac.id <p>Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kesulitan beradaptasi dengan perubahan pembelajaran terpadu, proses pembelajaran yang kurang bermakna, kurangnya stimulus pada awal pembelajaran di mana semua faktor ini disimpulkan dalam penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat hingga rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif untuk mendorong keterampilan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah model <em>Predict</em>, <em>Observe</em>, <em>and</em> <em>Explain</em> (POE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang mendapatkan model POE dan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimental. Teknik pengumpulan data melibatkan tes, deskripsi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran <em>Predict</em>, <em>Observe</em>, and <em>Explain</em> (POE) dibandingkan dengan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL).</p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Tevia Anggraeni, Hilman Mangkuwibawa, Alvin Yanuar Rahman https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10256 Studi Komparasi antara Strategi Pembelajaran Al-Quran Moving Class dan Static Class di SDIT 2024-06-18T09:48:38+07:00 Ahmad Safi'i ahmadsafii210285@gmail.com Muhammad Rofi Fauzi mrofifauzi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk membahas perbandingan antara strategi pembelajaran Al-Quran <em>moving class</em> dan <em>static class </em>di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sleman, mengulas kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparatif, yaitu membandingkan objek satu dengan lain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, <em>display data</em> dan <em>conclusion/verification</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Quran <em>moving class </em>dilakukan dengan cara peserta didik berpindah ke kelas lain yang masih dalam satu paralel kelas sesuai tingkatan mengajinya, sedangkan <em>static class</em> dilakukan dengan cara tetap di dalam kelas masing-masing meskipun tingkatan mengaji di kelas tersebut berbeda-beda. Kelebihan <em>moving class</em> adalah memudahkan guru dalam membimbing mengaji karena peserta didik dalam tingkatan yang sama, target lebih mudah terpenuhi, pembelajaran efektif dan peserta didik lebih akrab dengan guru atau peserta didik kelas lain</p> 2024-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 M. Rofi Fauzi, Ahmad Safii