https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/issue/feedIbtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar2024-12-29T00:00:00+07:00Fithri Meiliawatiibtidai@ftk.uinbanten.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> is a national, open access, and peer-reviewed journal that focuses on students' research result on elementary education, investigate the dynamics of students learning at elementary education/elementary school, and the development of teaching at elementary education. The focus and scope of Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar can be found in detail on the Focus and Scope Menu. <br /><br /><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Published biannually in June and December and already have a registration number p-ISSN : <a title="ISSN Portal (print)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2407-3571" target="_blank" rel="noopener">2407-3571</a> and e-ISSN : <a title="ISSN Portal (Online)" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2654-4245" target="_blank" rel="noopener">2654-4245</a> issued by the International Standard Serial Number (ISSN) International Centre. <br /><br /><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> has been accredited by the National Journal Accreditation (ARJUNA) and Managed by the <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7236">Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic Indonesia</a> with Fifth Grade (Peringkat 5, Sinta 5) since the year 2018 according to the <a href="https://drive.google.com/file/d/1QHmOZg3s2CkL7VIXsm8aMPE1hIgsOw-H/view">decree No. 200/M/KPT/2020.</a></p> <p><strong>Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar</strong> has been indexed by <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/7236">SINTA 5</a>, Google Scholar, PKP Index, GARUDA, and Moraref. Please read the author's guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscripts should along with the writing guidelines. Our editorial board will process your submitted manuscript for further review unless it is not appropriate with the guidelines or written in a different format. The editors will only accept manuscripts which meet the scope and are written in the assigned format</p>https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11149Math Storybook (Matryk) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Cacah Siswa Tunagrahita di Kelas II Sekolah Khusus Negeri 01 Cilegon2024-12-27T14:42:02+07:00Khansa Qonitah Safirakhansaqonitah59@gmail.comEnung Nugrahaenung.nugraha@uinbanten.ac.idKhaeroni Khaeronikhaeroni@uinbanten.ac.id<p>Salah satu kendala utama dalam pembelajaran matematika adalah ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah tanpa bantuan contoh yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MATRYK (<em>Math Storybook</em>) guna meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah siswa tunagrahita kelas II di SKh Negeri 01 Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan model 4D S. Thiagarajan yang mencakup empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Media MATRYK divalidasi oleh tiga validator dan menunjukkan rata-rata skor kelayakan 4,76, dengan tingkat kesepakatan antar penilai sebesar 84%, sehingga dinyatakan valid dan layak digunakan. Media ini juga terbukti efektif meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah siswa, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,86 (kategori tinggi) dan persentase sebesar 86,66% (kategori sangat baik). Media MATRYK memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran matematika, membantu siswa mengaplikasikan konsep matematika dalam konteks cerita sehari-hari</p>2024-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Khansa Qonitah Safira, Enung Nugraha, Khaeronihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11161Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Psikologi Siswa di MI Al-Maghfiroh Curahlele Balung Jember2024-12-27T14:31:36+07:00Khoiriyah Muzakkimabruroh.azizi@gmail.comLaylatul Usriyahlailatulusriyah1978@gmail.comMu'allimin Mu'alliminmualimin@uinkhas.ac.id<p><em>Gadget</em> adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini. Hampir semua kalangan menggunakannya. Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak kecil yang masih duduk di sekolah dasar sudah biasa menggunakannya atau bahkan lebih pintar dari orang dewasa. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan <em>gadget</em>, baik dampak positif maupun dampak negatif terhadap perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar di MI Al-Maghfiroh Curahlele Balung Jember. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan <em>gadget</em> terhadap perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar MI Al-Maghfiroh Curahlele Balung Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sehingga data yang dihasilkan berupa uraian kata dan kalimat, bukan berupa nomer dan angka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dampak buruk pada perkembangan psikologi anak dari penggunaan <em>gadget</em> disamping juga dampak baik yang ditimbulkannya. Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting di dalam membatasi anak dalam penggunaan <em>gadget</em> karena dampak buruk timbul pada anak yang penggunaan <em>gadget</em> dalam sehari melebihi dua jam.</p>2024-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Khoiriyah Muzakki, Laylatul Usriyah, Mu'alliminhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10750Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantu Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa2024-12-27T13:22:31+07:00Munifatul Mahfud Zulhaidamuniffatul@gmail.comHerry Sanotoherrysanoto@uksw.edu<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik Kelas IV di SDN Delik 02, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Delik 02 Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 16 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar IPAS. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes tertulis dan non tes dengan lembar observasi. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menujukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPAS sebesar 22%. Rata-rata hasil belajar IPAS peserta didik pada Siklus I sebesar 68 nilai terendah 50, dan nilai tertinggi 90. Pada Siklus II rata-rata hasil belajar sebesar 83 nilai terendah 70, dan nilai tertinggi 100. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD berbantu media tiga dimensi dapat meningatkan hasil belajar IPAS peserta didik Kelas IV SDN Delik 02 Tahun Pelajaran 2024/2025</p>2024-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Munifatul Mahfud Zulhaida, Herry Sanotohttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11170Penguatan Budaya Lokal dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MI Maulana Maghribi Bantul Yogyakarta2024-12-28T10:24:56+07:00Muchamad Mufidmufidmuchamad@gmail.com<p>Penguatan budaya lokal dalam Kurikulum Merdeka sejalan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang harus diimplementasikan. Melalui pemilihan dimensi berkebhinekaan global dengan tema kearifan lokal, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maulana Maghribi Bantul Yogyakarta mengimplementasikan P5. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data secara detail. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan 4 bentuk analisis: pengumpulan kategori, interpretasi langsung, membentuk pola, dan pengembangan generalisasi naturalistis. Implementasi P5 di sekolah ini terdiri atas 3 tahap yaitu perencanaan proyek, implementasi proyek, serta evaluasi dan tindak lanjut. Bentuk penguatan budaya lokal yang dilakukan di sekolah ini antara lain: <em>Pertama, </em>permainan tradisional di mana peserta didik melakukan identifikasi beberapa permainan tradisional beserta cara dan aturan permainan. Melalui permainan tradisional, peserta didik dapat terbentuk karakter positif serta budaya lokal yang terus diwariskan dan dikembangkan. <em>Kedua, </em>penggunaan bahasa Jawa pada hari Sabtu di lingkungan MI Maulana Maghribi yang bertepatan dengan pelaksanaan P5. Bahasa Jawa <em>krama</em> dapat membentuk profil Pancasila (karakter) peserta didik berupa kemampuan komunikasi dengan memperhatikan lawan bicara (kesopanan). Di samping itu, penguatan budaya lokal dilakukan dengan mengajarkan sastra Jawa berupa cerita rakyat</p>2024-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Muchamad Mufidhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/10383Pengembangan Media Pembelajaran PPT Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MI2024-12-23T14:50:08+07:00Neliyah Neliyahnelisawas2020@gmail.comInayatul Ummahinayummah@gmail.comDadan Setiawandsetiawan@syekhnurjati.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I di MI Salafiyah 1. Permasalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pengenalan huruf, kesulitan siswa mengenali kata dengan baik, dan media pembelajaran yang kurang menarik. Untuk mengatasi hal ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis PowerPoint (PPT) interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian meliputi: (1) mengembangkan media pembelajaran PPT interaktif, (2) menguji kelayakan media tersebut, dan (3) mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengujian menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya peningkatan signifikan pada nilai pretest dan posttest kemampuan membaca siswa. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,60 menunjukkan peningkatan kemampuan membaca yang tergolong sedang. Dengan demikian, media pembelajaran PPT interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I di MI Salafiyah 1.</p>2024-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Neliyah, Inayatul Ummah, Dadan Setiawanhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11153Media Powerpoint Berbasis Animasi Sebagai Sarana Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD2024-12-28T17:41:43+07:00Eko Bayu Gumilarekobayugumilar@gmail.comKristina Gita Permatasarikristinagita@gmail.com<p>Pembelajaran IPA sebagai bagian integral dari pendidikan mempunyai peranan penting dalam mendidik dan membina peserta didik yang mampu berpikir kritis, berlogika, kreatif, berinovasi dan mampu bersaing secara global. Penerapan media pembelajaran adalah sebuah langkah bagi guru dalam mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan, serta menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Media pembelajaran yang <em>clasic</em> dan konvensional dapat dibuat lebih menarik dengan menganimasikan materi pelajaran untuk memvisualisasikan teori dan konsep IPA yang abstrak. Hal ini dapat dilakukan pendidik dengan mengolah program <em>PowerPoint. </em>Tujuan Penelitian yang dilakukan adalah untuk melihat dan mengetahui efektivitas <em>PowerPoint </em>dengan menggunakan animasi untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi gaya pada murid Kelas IV SD. media <em>PowerPoint </em>berbasis animasi pada materi gaya dari uji validitas isi memperoleh hasil 94,5 %, validitas konstruk sebesar 90,9%, dan hasil uji coba siswa sebesar 92,25% dengan kriteria sangat baik dan sangat layak. Media <em>PowerPoint </em>berbasis animasi sangat layak digunakan sebagai media dalam membantu meningkatkan prestasi siswa, khususnya pada pelajaran IPA materi Gaya untuk Kelas IV Sekolah Dasar</p>2024-12-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Eko Bayu Gumilar, Kristina Gita Permatasarihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/ibtidai/article/view/11158Analisis Kesiapan Guru MIS Rantau Panjang dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah2024-12-27T14:23:52+07:00Tuti Rezeki Awaliyah Siregartutirezekiawsi15@gmail.comAfrida Ainun Misnaafridaainunmisna00@gmail.comErlinda Erlindaerlinda7144@gmail.comMuhammad Sulaimanmhdslmn458@gmail.comShofiyyah Shofiyyahshofi60711@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan guru di MIS Rantau Panjang, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Fokus penelitian mencakup pemahaman terhadap kebijakan Kurikulum Merdeka, kemampuan merancang tujuan pembelajaran yang mendukung Profil Pelajar Pancasila, penerapan prinsip pembelajaran abad ke-21, serta identifikasi potensi peserta didik. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh melalui angket dan metode analitik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip Kurikulum Merdeka dan mampu merancang tujuan pembelajaran yang relevan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Guru juga telah mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas dalam proses pembelajaran. Di samping itu, mereka menunjukkan kompetensi yang memadai dalam mengenali potensi siswa. Meski demikian, masih terdapat tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PBL), yang membutuhkan peningkatan melalui pelatihan intensif dan pendampingan sistematis. Upaya penguatan ini diharapkan dapat memaksimalkan implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga mendukung terciptanya generasi pelajar yang berkarakter kuat, adaptif, dan kompeten dalam menghadapi tantangan masa depan.</p>2024-12-31T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Afrida Ainun Misna, Erlinda, Muhammad Sulaiman, Shofiyyah