Pengaruh Pendidikan Qira’atul Quran Terhadap Kepribadian Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7338


Keywords:
Qira’atul Quran, pendidikan, kepribadian siswa, madrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh atau hubungan pendidikan qiraatul quran terhadap kepribadian siswa, penelitian dilakukan terhadap siswa di Madrasah Ibtidayah Negeri, Aceh Barat, NAD. Penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden penelitian. Dari penelitian ini didapati bahwa kepribadian siswa dipengaruhi atau memiliki hubungan yang kuat dan positif dengan pendidikan qiraatul quran. Adanya pendidikan qiraatul quran di madrasah dapat memberikan perubahan sikap dan perilaku siswa di madrasah ataupun dalam kehidupan sehari-hari, hal ini memberikan perubahan yang nyata terhadap diri siswa untuk menjadi pribadi-pribadi yang soleh sesuai ajaran agama Islam.