Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Pemahaman Praktek Shalat Zuhur

Authors

  • Daswanti MTs Negeri Blang Balee, Ulee Blang, Bubon, Aceh Barat, NAD

DOI:

https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7341
Statistics: Abstract viewed : 126 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

metode demonstrasi, pelajaran fiqih, proses pembelajaran penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penggunaan metode demonstrasi pada pelajaran fiqih dalam upaya meningkatkan pemahaman praktek shalat pada siswa. penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Blang Balee untuk mata pelajaran fiqih. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tindakan kelas pada dasarnya merupakan pengembangan dan penelitian tindakan (Action Research). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Kepustakaan dan studi lapangan. Dari hasil penelitian didapati hasil akhir bahwa penggunakaan metode demonstrasi terhadap siswa dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan dalam dua siklus diperoleh oleh aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat dari 65% pada siklus I, menjadi 75% pada siklus II. Peningkatan ini tentunya dipengaruhi oleh: a) Pemahaman guru terhadap metode demonstrasi semakin bagus, b) respons siswa terhadap setiap kegiatan dalam metode sangat bagus. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam pelajaran fiqih dapat ditingkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode demonstrasi, penerapan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran akan mempermudah siswa untuk memahami mata pelajaran serta memberikan ruang yang lebih kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Daswanti, MTs Negeri Blang Balee, Ulee Blang, Bubon, Aceh Barat, NAD

MTs Negeri Blang Balee, Ulee Blang, Bubon, Aceh Barat, NAD, Indonesia

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Daswanti, D. (2017). Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Pemahaman Praktek Shalat Zuhur. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(02), 145–158. https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7341