Hubungan Antara Pengelolaan Konflik, Motivasi Berprestasi Kepala Sekolah Dengan Efektivitas Kebijakan Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Ridwan Zulkarnain PKBM Kenanga, Kota Depok, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7342
Statistics: Abstract viewed : 91 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

pengelolaan konflik, motivasi berprestasi, efektifitas kebijakan, kepala sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pengelolaan konflik dalam sekolah dan motivasi berprestasi kepala sekolah terhadap efektifitas kebijakan yang diambil kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Depok, Jawa Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru-guru di Sekolah Menengah Negeri Kota Depok. Penelitian menggunakan analisis kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif, untuk mengumpulkan data penelitian, dalam kajian in imenggunakan angket terhadap ketiga variable penelitian yang disebarkan kepada responden penelitian, data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan inferensial untuk menjawab hipotesis kajian. Dari penelitian didapati bahwa pengelolaan konflik memiliki hubungan dan pengaruh yang positif dan kuat terhadap efektifitas kebijakan sekolah, selain itu motivasi berprestasi kepala sekolah juga memiliki hubungan dan pengaruh yang positif dan kuat terhadap efektifitas kebijakan sekolah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan efektifitas kebijakan dalam lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan menelaah, dan memperhatikan factor pengelolaan konflik yang adal disekolah serta adanya motivasi berprestasi dalam diri kepala sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ridwan Zulkarnain, PKBM Kenanga, Kota Depok, Jawa Barat

PKBM Kenanga, Kota Depok, Jawa Barat

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Zulkarnain, R. (2017). Hubungan Antara Pengelolaan Konflik, Motivasi Berprestasi Kepala Sekolah Dengan Efektivitas Kebijakan Sekolah Menengah Atas. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(02), 159–174. https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7342