Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukalila Kota Serang

Authors

  • Rocmah Sekolah Dasar Negeri 2, Kota Serang, Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7343
Statistics: Abstract viewed : 89 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

diri etika moral, hasil belajar, konsep diri, motivasi berprestasi, taxonomy Bloom

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat prestasi belajar pendidikan agama Islam, 2) tingkat konsep diri, 3) tingkat motivasi berprestasi, 4) kontribusi konsep diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, 5) kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam, 6) kontribusi konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Metode penelitian adalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasional dan regresional. Populasi berjumlah 105 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan poroporsional. Sampel sebanyak 50 orang siswa. Data konsep diri, motivasi berprestasi diperoleh melalui angket, dan prestasi belajar diperoleh dari hasil Ulangan Tengah Semester II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat prestasi belajar pendidikan agama Islam adalah tinggi mencapai 84,54%; kedua, tingkat konsep diri siswa adalah tinggi mencapai 82,69%; ketiga, tingkat motivasi berprestasi adalah tinggi mencapai 84,81%; keempat, terdapat hubungan positif dan signifikan konsep diri dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, kontribusinya sebesar 11%; kelima, terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, kontribusinya sebesar 16%; keenam, terdapat hubungan positif konsep diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar, kontribusinya sebesar 22%. Peningkatan prestasi belajar dapat dilakukan melalui peningkatan konsep diri yang baik dan motivasi berprestasi yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rocmah, Sekolah Dasar Negeri 2, Kota Serang, Banten

Guru Sekolah Dasar Negeri 2, Kota Serang, Banten

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Rocmah, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukalila Kota Serang. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(02), 175–194. https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7343