Implementasi Program Kuliah Tujuh Menit dan Upaya Peningkatan Disiplin Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon

Authors

  • Astafiyah Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon, Banten, Indonesia
  • Munirudin Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7344
Statistics: Abstract viewed : 148 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

disiplin, kuliah tujuh menit, sholat Dhuha

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program kuliah tujuh menit pada Madrash Aliyah. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliya Negeri 2 Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus.dengan responden penelitiannya adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon yang memiliki masalah dengan kedisiplinan. Disiplin dalam artian terlambat datang dan yang tidak mengikuti sholat dhuha bersama di pagi hari.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri. Sedangkan hasil penelitian dari kegiatan implementasi program kultum dalam mengatasi disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon adalah Implementasi program kultum dalam mengatasi disiplin siswa telah berjalan di MA Negeri 2 Kota Cilegon, dengan hasil penilaian dari masing-masing guru bidang kependidikan dan guru bimbingan dan konseling mendapatkan penilaian yang sangat baik. Segala aktivitas yang terjadi pada program kultum dalam mengatasi disiplin siswa menunjukkan rangkaian pada setiap proses pembelajaran yang ada di sekolah. Dengan adanya program kultum tersebut diharapkan dapat meningkatkan program keagamaan lainnya serta meningkatkan kedispilinan siswa demi terciptanya tatatertib di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Astafiyah, A., & Munirudin, M. (2017). Implementasi Program Kuliah Tujuh Menit dan Upaya Peningkatan Disiplin Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(02), 195–204. https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7344