Implementasi Program Kuliah Tujuh Menit dan Upaya Peningkatan Disiplin Siswa Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7344


Keywords:
disiplin, kuliah tujuh menit, sholat DhuhaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program kuliah tujuh menit pada Madrash Aliyah. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliya Negeri 2 Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus.dengan responden penelitiannya adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon yang memiliki masalah dengan kedisiplinan. Disiplin dalam artian terlambat datang dan yang tidak mengikuti sholat dhuha bersama di pagi hari.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri. Sedangkan hasil penelitian dari kegiatan implementasi program kultum dalam mengatasi disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cilegon adalah Implementasi program kultum dalam mengatasi disiplin siswa telah berjalan di MA Negeri 2 Kota Cilegon, dengan hasil penilaian dari masing-masing guru bidang kependidikan dan guru bimbingan dan konseling mendapatkan penilaian yang sangat baik. Segala aktivitas yang terjadi pada program kultum dalam mengatasi disiplin siswa menunjukkan rangkaian pada setiap proses pembelajaran yang ada di sekolah. Dengan adanya program kultum tersebut diharapkan dapat meningkatkan program keagamaan lainnya serta meningkatkan kedispilinan siswa demi terciptanya tatatertib di sekolah.