Pengaruh Kegiatan Ektrakurikuler ROHIS dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 3 Kota Serang

Authors

  • Mariam Husna SDN Kampung Baru Kota Serang, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7345
Statistics: Abstract viewed : 126 times | PDF downloaded : 0 times

Keywords:

ROHIS, Ekstrakurikuler, motivasi belajar, hasil belajar, siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan tingkat kegiatan ekstrakurikuler, motivasi belajar dan hasil belajar siswa; 2) Menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler ROHIS terhadap hasil belajar, 3) Menganalisispengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa;3) dan untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler ROHIS dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hsil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Serang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan analisis regresi dan korelasi. Populasi penelitian 297 orang. Sampel penelitian 60 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, tingkat hasil belajar adalah sangat tinggi mencapai 85,83%; tingkat kegiatan ektrakurikuler ROHIS adalah tinggi mencapai 78,38%; tingkat motivasi belajar adalah sangat tinggi mencapai 86,14%; kedua,terdapat pengrauh positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler ROHIS terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, sebesar 10%; ketiga, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, sebesar 42%; keempat, terdapat pengaruh kegiatan ektrakurikuler ROHIS dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam, sebesar 45%. hasil belajar pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan melalui peningkatan kegiatan ektrakurikuler ROHIS dan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Husna, M. (2017). Pengaruh Kegiatan Ektrakurikuler ROHIS dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 3 Kota Serang. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(02), 205–222. https://doi.org/10.32678/studiadidaktika.v11i02.7345