METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD/MI

Authors

  • Asep Saefurohman IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 109 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 138 times

Keywords:

sains, inquiri, penemuan terbimbing

Abstract

Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan proses sains dalam ranah kognitif, afektif dan aspek psikomotor. Metode pembelajaran sains saat ini masih menggunakan metode atau model pembelajaran konvensional. Penguasaan sains tidak hanya berupa konsep-konsep, fakta sains tetapi juga keterampilan proses sains (skill). Metode pembelajaran penemuan (inquiry) terbimbing dalam pembelajaran sains mengatasi kekurangan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran IPA di MI harus dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry), ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kemampuan bekerja ilmiah, bersikap ilmiah dan dapat mengkomunikasikannya sebagai komponen penting dalam kecakapan hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asep Saefurohman, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2016-06-24

How to Cite

Saefurohman, A. (2016). METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD/MI. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 63–71. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/74