PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DI SMPN 1 CIKANDE

Authors

  • Edy Riyanto STKIP Banten
Statistics: Abstract viewed : 100 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 356 times

Keywords:

pemahaman, siswa, pembelajaran, IPA, PBL

Abstract

Pada pelajaran IPA, PBL merupakan salah satu pembelajaran yang cukup menarik dan sudah siap untuk digunakan, pembelajaran berdasarkan masalah mengajak siswa-siswa dalam penyelesaian kasus permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan IPA, meningkatkan minat diskusi di antara siswa dan mendorong kegiatan belajar. Satu lingkungan yang menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik daripada praktik kerja/magang dan mampu membentuk para pembelajar untuk belajar dari sendiri, pembelajaran berdasarkan masalah juga lebih baik dari pada satu lingkungan yang menggunakan proses pembelajaran mimetis dimana siswa hanya melihat, mengingat, dan mengulang apa yang sudah mereka katakana. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan agar minat belajar anak dan pemahaman siswa meningkat. Selain dari itu penggunaan alat juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran IPA dengan penggunaan media lingkungan merupakan salah satu alternatif dalam menyampaikan materi pelajaran IPA di sekolah dasar karena dengan penggunaan alat peraga siswa akan lebih mudah memahami konsep IPA dan tantangan belajar, serta dapat menumbuhkan rasa senang siswa untuk belajar IPA, siswa  tidak merasa bosan terhadap pembelajaran dan siswa tidak merasa takut lagi terhadap pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Edy Riyanto, STKIP Banten

Dosen STKIP Banten dan Guru SMPN 1 Cikande

Published

2016-06-24

How to Cite

Riyanto, E. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DI SMPN 1 CIKANDE. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 105–116. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/78