PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Keywords:
metode pembelajaran praktik, motivasi belajar, hasil belajar, psikomotorikAbstract
Penelitian ini bertujuan menganlisis; Pertma, tingkat penerapan metode pembelajaran praktik; motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah di terapkan metode pembelajaran praktik; hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran praktik. Kedua untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran praktik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Kubangsari 1 kelurahan Kubangsari kecamatan Ciwandan kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 59 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi, angket/kuesioner, dan tes penilaian keterampilam/psikomotor. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian : Pertama, tingkat penerapan metode pembelajaran praktik kategori sangat baik, tingkat motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran praktik kategori sangat tinggi, sesudah diterapkan metode pembelajaran praktik kategori sangat tinggi; hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran praktik kategori tinggi, setelah diterapkan metode pembelajaran praktik kategori sangat tinggi. Kedua, terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran praktik terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa.