PERAN ORANG TUA DAN KETELADANAN GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH


Keywords:
afeksi, akhlak siswa, keteladanan guru, pembimbing, orang tuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Peran orang tua dalam pendidikan akhlak; 2) Keteladanan guru dalam pendidikan akhlak; 3) Mutu pendidikan akhlak siswa. Penelitian pada Madrasah Ibtidaiyah Syech Mansur Pandeglang. Metodologi penelitian menggunakan studi kasus. Responden penelitian 6 orang terdiri atas orang tua siswa, guru, siswa, kepala madrasah, dan wakil kepala madrasah. Isntrumen penelitian menggunakan wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Peran orang tua dalam pendidikan akhlak meliputi: menasehati dengan lemah lembut, memberi contoh. Menanamkan kedisiplinan melakukan sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah. Membiasakan berdo’a, serta membiasakan mengaji Al-qur’an. 2) Keteladanan guru dalam pendidikan aklak meliputi: membiasakan senyum, salam, sapa, sopan, santun, bersikap sabar, tidak gampang marah, sholat Dhuha, Sholat berjamaah. Membiasakan berdoa sebelum mengerjakan sesuatu. Membiasakan selalu bertutur kata yang sopan dan baik terhadap orang lain; 3) Mutu pendidikan akhlak terlihat dengan selalu berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran agama Islam, melaksanakan semua kebijaksanaan sesuai dengan aturan syariat Islam. Menjalankan salat lima waktu dengan tepat waktu. Segala perbuatan sesuai dengan peraturan. Terbiasa senyum, salam, sopan santun. Orang tua, guru dan pihak sekolah meningkatkan peran masing-masing dalam pembinaan aklak siswa, agar mutu akhlak siswa dapat terjaga dan ditingkatkan.