PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH AL-KHAIRIYAH PROVINSI BANTEN

Authors

  • M. A. Djazimi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 150 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 199 times

Keywords:

akhlak mahmudah, akhlak mazmumah, mengenal diri, mengelola emosi

Abstract

Akhlak siswa merupakan kontribusi dari berbagai faktor seperti: kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional terhadapakhlak siswa Madrasah Aliyah Al-Kairiyah Provinsi Banten.Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dengan metode korelasional, dengan responden siswa sebanyak 200 orang yang dipilih menggunakan teknik, proporsional dan acak sederhana. Instrumen untuk menjaring data menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner divalidasi dengan menggunakan  analisis butir Korelasi Pearson dan reliabilitas total butir menggunakan koefisien alpha (Alpha Cronbach).Analisis data menggunakan korelasi sederhana, dan teknik regresi sederhana.Hasil penelitian ini adalah: Terdapat kontribusi positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadapakhlak siswa, peningkatan kecerdasan emosional diikuti dengan peningkatan akhlak siswa. Semakin semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin tinggi tingkat akhlak siswa. Karena itu untuk meningkatkan akhlak siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan kecerdasan emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

M. A. Djazimi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2016-12-02

How to Cite

Djazimi, M. A. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA MADRASAH ALIYAH AL-KHAIRIYAH PROVINSI BANTEN. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(02), 48–64. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/82