IMPLEMENTASI PEMAHAMAN SURAT AL-IKHLAS DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TAUHID PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Masunah Masunah Taman Kanak-kanak Negeri Kota Cilegon
Statistics: Abstract viewed : 300 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 1325 times

Keywords:

metode bercerita, surat al-Ikhlas, syirik, tauhid, usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Pemahaman Surat Al-Ikhlas tentang nilai-nilaitauhid; 2) Metode penanaman nilai-nilai surat al-Ikhlas. Penelitian di lakukan TK. Yayasan Pendidikan Krakatau Steel 4 Cilegon Banten. Metode penelitian menggunakan studi kasus. Responden penelitian meliputi 2 orang guru, 5 orang peserta didik, dan kepala sekolah. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi dan tes lisan. Teknik analisis data lakukan dengan cara ‘mengadakan observasi terus menerus, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa memahami nilai-nilai tauhid surat al-Ikhlas, meliputi  mengesakan Allah SWT, Allah SWT sebagai tempat untuk meminta, Allah SWT tidak memiliki anak ataupun diperanakkan, serta tidak ada yang bisa menyamai Allah SWT Anak usia dini/ murid pada TK. 2) Implementasinya penanaman nilai-nilai tauhid surat al-Ikhlas dilakukan menggunakan metode bernyanyi, bercerita dan tanya jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Masunah Masunah, Taman Kanak-kanak Negeri Kota Cilegon

Guru Taman Kanak-kanak Negeri Kota Cilegon

Published

2016-12-02

How to Cite

Masunah, M. (2016). IMPLEMENTASI PEMAHAMAN SURAT AL-IKHLAS DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TAUHID PADA ANAK USIA DINI. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(02), 104–117. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/86