KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Tingkat pendidikan karakter 2) Tingkat akhlak siswa 3) Kontribusi pendidikan karakter terhadap akhlak siswa. Penelitian di lakukan pada kelas VIII MTs N 4 Tangerang. Metode penelitian menggunakan kwantitatif korelasional. Sampel sebanyak 150 orang dari populasi 300 siswa. Instrumen penelitian data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskripftif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh: 1) Tingkat Pendidikan Karakter 34,66% cukup, 42% baik, dan 23,32% sangat baik. 2) Tingkat akhlak Siswa 24, 66% cukup, 37,32 % baik dan 37,99 % sangat baik. 3) Terdapat kontribusi signifikan pendidikan karakter terhadap akhlak siswa. Konstribusi dipengaruhi oleh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak Siswa sebesar sebesar 67,24% sedangkan sisanya 32,76% dipengaruhi faktor-faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.