KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TANGERANG

Authors

  • Umayah Umayah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
  • Siti Ningsih Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten
Statistics: Abstract viewed : 25 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 41 times

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Tingkat pendidikan karakter 2) Tingkat akhlak siswa 3) Kontribusi pendidikan karakter terhadap akhlak siswa. Penelitian di lakukan pada kelas VIII MTs N 4 Tangerang. Metode penelitian menggunakan kwantitatif korelasional. Sampel sebanyak 150 orang dari populasi 300 siswa. Instrumen penelitian data menggunakan angket.  Teknik analisis data menggunakan statistik deskripftif dan inferensial. Hasil penelitian  diperoleh: 1) Tingkat Pendidikan Karakter 34,66% cukup, 42% baik, dan 23,32% sangat baik. 2) Tingkat akhlak Siswa 24, 66% cukup, 37,32 % baik dan 37,99 % sangat baik. 3) Terdapat kontribusi signifikan pendidikan karakter terhadap akhlak siswa. Konstribusi dipengaruhi oleh Pendidikan Karakter terhadap Akhlak Siswa sebesar sebesar 67,24% sedangkan sisanya 32,76% dipengaruhi faktor-faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Umayah Umayah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Siti Ningsih, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Alumni Jurusan Pendidikan Agama Islam  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2016-12-02

How to Cite

Umayah, U., & Ningsih, S. (2016). KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TANGERANG. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(02), 130–142. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/88