KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMP KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Iwa Kuswaeri Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang
Statistics: Abstract viewed : 328 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 336 times

Keywords:

kepemimpinan tranformasional, motivasi kerja, visioner, kharismatik, kebutuhan akan prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kepemimpian kepala sekolah, tingkat motivasi kerja guru dan menganalisis kontribusi kepemimpinan transformasional kepala aekolah terhadap motivasi kerja guru. Teori yang melandasi penelitian adalah: teori kepemimpinan transformasional Bass dan Avolio dan teori motivasi kebutuhan MC. Cleland. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumedang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Responden 47 orang kepala sekolah, 47 orang guru dipilih menggunakan teknik sampel acak sederhana. Instrumen kepemimpinan transformasional kepala aekolah, dan motivasi kerja guru  menggunakan kuesioner.  Instrumen penelitian divalidasi dengan menggunakan  analisis butir korelasi Pearson dan reliabilitas total butir menggunakan koefisien alpha. Analisis data menggunakan korelasi sederhana dan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Tingkat kepemimpinan tranformasional, 2) Tingkat motivasi kerja guru 3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, peningkatan terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah diikuti peningkatan motivasi kerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Iwa Kuswaeri, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang

Published

2017-01-03