KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMP KABUPATEN SUMEDANG


Keywords:
kepemimpinan tranformasional, motivasi kerja, visioner, kharismatik, kebutuhan akan prestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kepemimpian kepala sekolah, tingkat motivasi kerja guru dan menganalisis kontribusi kepemimpinan transformasional kepala aekolah terhadap motivasi kerja guru. Teori yang melandasi penelitian adalah: teori kepemimpinan transformasional Bass dan Avolio dan teori motivasi kebutuhan MC. Cleland. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumedang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Responden 47 orang kepala sekolah, 47 orang guru dipilih menggunakan teknik sampel acak sederhana. Instrumen kepemimpinan transformasional kepala aekolah, dan motivasi kerja guru menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian divalidasi dengan menggunakan analisis butir korelasi Pearson dan reliabilitas total butir menggunakan koefisien alpha. Analisis data menggunakan korelasi sederhana dan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Tingkat kepemimpinan tranformasional, 2) Tingkat motivasi kerja guru 3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, peningkatan terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah diikuti peningkatan motivasi kerja guru.