EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PROGRAM WAJIB BELAJAR MADRASAH DINIYAH AWALIYAH DI KABUPATEN PANDEGLANG


Keywords:
kebijakan publik, Madrasah diniyah Awaliyah, sarana prasarana, sikap tenaga pendidik dan kependidikan, struktur birokrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis efektivitas implementasi Program Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awaliyah meliputi: sumber daya, sikap tenaga pendidik dan kependidikan, serta struktur birookrasi. Penelitian dilakukan pada Madrasah Diniyah Awaliyah di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden penelitian kepala Madrasah Diniyah Awaliyah sebanyak 70 orang. Instrumen penelitian sarana prasarana, sikap tenaga pendidik dan kependidikan serta struktur birokrasi menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat sumber daya 27,14% mencukupi; 58,57% berada sangat mencukupi, dan 14,29 kurang mencukupi. Tingkat sikap tenaga pendidik dan kependidikan 38,57% sangat ramah, disiplin dan bertanggung jawab; 52,86% cukup ramah, disiplin dan bertanggung jawab; dan 8,57% kurang ramah, disiplin dan bertanggung jawab. Tingkat struktur birokrasi Madrasah Diniyah Awaliyah 31,34% sangat efektif; 52,86% efektif, dan 15,71% kurang efektif.