PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI

Authors

  • Euis Sofi MTs N 1 Model Pandeglang
Statistics: Abstract viewed : 193 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 229 times

Keywords:

e-learning, e-mail, upload, online, google classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi pembelajaran e-learning pada Madrasah Tsanawiyah. Penelitian dilakukan pada kelas VIII di MTsN 1 Pandeglang dan MTsN 18 Jakarta. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif studi kasus. Sumber data primer guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Admin e-learning dan siswa, Instrumen pengumpul data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, verivikasi data dan dan display data. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama,  perencanaan pembelajaran  guru membuat perangkat, bahan ajar, penugasan, dan quiz. Admin membuat e-mail bagi guru dan siswa berbasis classroom google, mendownload aplikasi classroom google pada Handphone berbasis android dan membuat pasword. Kedua, pelaksanaan pembelajaran meliputi: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dengan menggunakan classroom google. Kegiatan akhir berupa post tests cara lisan. Ketiga, hasil belajar Sejarah  Kebudayaan Islam terlihat pada  motivasi, aktivitas dan kreativitas siswa. Nilai akhir pembelajaran 70%  di atas Kriteria Ketuntasan Minimum dan 30 % di bawah Kriteri Ketuntasan Minimum.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Euis Sofi, MTs N 1 Model Pandeglang

Guru MTs N 1 Model Pandeglang

Published

2017-01-03