KETERAMPILAN PENGGUNAAN ICT, STRATEGI PEMBELAJARAN CTL DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA JURUSAN PAI FTK IAIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN


Keywords:
motivasi berprestasi, pembelajaran kontekstual, teknologi informasi dan komunikasiAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat motivasi berprestasi mahasiswa, 2) tingkat keterampilan penggunaan Informational and Communication Technology Skills, 3) tingkat strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning, pada Jurusan Pendidikan Agam Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Metode penelitian adalah survei menggunakan analisis deskriptip. Populasi berjumlah 218 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan poroporsional. Sampel sebanyak 70 orang mahasiswa semester tiga sebagai responden. Data variabel motivasi berprestasi, keterampilan penggunaan Informational and Communication Technology Skills, dan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat motivasi berprestasi mahasiswa adalah tinggi mencapai 76,70%; kedua, tingkat keterampilan penggunaan Informational and Communication Technology adalah baik mencapai 74,08%; ketiga, tingkat strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah efektif mencapai 76,69%.