IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013


Keywords:
penilaian autentik, tes, penilaian proyek, portofolio, kompetensiAbstract
Penelitian ini bertujuan: menganalisis implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 dan SMP Al-Azhar 11 Kota Serang. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Nara sumber penelitian empat orang guru dan dua orang kepala sekolah. Instrumen pengumpul data menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data secara induktif kualitatif. Teknik trianggulasi digunakan untuk menjaga keabsahan data. Hasil penelitian penilaian autentik: Pertama, perencanan penilaian autentik dilakukan guru dengan membuat program penilaian autentik secara terpadu meliputi program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua, penilaian autentik dilakukan bervariasi meliputi, tes, penilaian teman sejawat, penilaian diri, penilaian proyek, dan portofolio; Ketiga, hambatan implementasi penilaian autentik adalah membutuhkan kecermatan dalam memilih variasi teknik penilaian; Keempat, upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dengan melakukan pembinaan terhadap guru dari sekolah, kementrian Agama serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan; Kelima, keberhasilan penilaian autentik terlihat pada terintegrasinya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa sehingga terbentuk kompetensi karakter peserta didik yang produktif, kreatif, memiliki sikap, terampil, dan berpengetahuan.