Upaya Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Menggunakan Metode Talaqqi pada Siswa Kelas IV MIS Miftahul Ulum Lampung Tengah

Main Article Content

Jadmiko
Helnanelis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hafalan siswa surat surat pendek dengan menggunakan metode talaqqi pelajaran Al-Qur’an hadits pada kelas IV MIS Miftahul Ulum Lampung Tengah tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (quasi experiment). Eksperimen sebagai suatu situasi penelitian yang sekurang-kurangnya satu variabel bebas, yang disebut variabel eksperimental, sengaja dimanipulasi oleh peneliti. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan dan pembangunan suatu negara. Negara dikatakan maju dalam segala bidang baik dalam bidang ekonomi, teknologi, pertanian ataupun yang lainnya tidak terlepas dari peran pendidikan. Hal ini dikarenakan orang cerdas atau berpendidikan akan dapat memberikan kontribusi yang positif kepada negara. Untuk menjawab tuntutan tersebut, dewasa ini telah banyak dilaksanakan kegiatan- kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan nasional. Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya usaha-usaha perubahan dan perbaikan-perbaikan pada sistem pendidikan. Hasil yang didapatkan adalah siswa mengalamai peningkatan dalam hafalan surat pendek dengan menggunakan metode Talaqqi pelajaran pelajaran Al-Qur’an hadits pada kelas IV IV MIS Miftahul Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jadmiko, J., & Helnanelis, H. (2024). Upaya Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Menggunakan Metode Talaqqi pada Siswa Kelas IV MIS Miftahul Ulum Lampung Tengah. Teacher Professional Education Journal, 1(01), 1–5. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/10697
Section
Articles

References

Awaluddin, Iqbal. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz dengan Metode Talaqqi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun Pelajaran 2016/2017. Disertai. Jurusan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Aziz, Saiful Al-Hafizh. 2016. 60 Hari Hafal Al Qur’an. Tiga Serangkai: Solo Bismi,

Fitria Nurdini. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Al Qur’an Pada Anak Usia Dini di TK Mutiara Qur’ani Bantul.

Eko, Putro W. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif &Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fauzan, Yayan Masagus H.A. 2015. Quantum Tahfidz (Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al Qur’an). Emir: Erlangga.

Halim, Hanafi A. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Diadit Media.

Ishak, Muhammad. 2017. Pelaksanaan Program Tilawah Al Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa di MAS Al Ma‟Sum Stabat. Edu Riligia 1 (4): 602-618

Kamal, Mustofa. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): n.d.

Kasiram, M. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN Malang Press.

Nailurohmah, Firda. 2016. Hubungan Kemampuan Menghafal Al Qur’an dengan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadist Siswa Kelas VIII MTS Taruna Al Qur’an Yogyakarta. Disertai. Jurusan Pendidikan Islam UIN Kalijaga Yogyakarta.

Qawi, Abdul. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al Qur’an melalui Metode Talaqqi di MTSN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal ilmiah Islam Futura 16(2): 265-283.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Jakarta: Tarsito.

Sudjiono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Sugiyono. 2007.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2007. Teknik Sampling Untuk Survey dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyasari, Risqi. 2018. Pembelajaran Tahfizul Quran dengan Metode Talaqqi Pada Santri Kelas I‟dadi di Kuttab Tahfizul Quran Al-Husnayain Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Disertai. Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Surakarta.